MILZERU – 

AS Keluar Dari WHO

Keluarnya AS dari WHO bukan sekedar ancaman. Hal ini dibuktikan langsung oleh Pengumuman yang dilontarkan oleh PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang mengumumkan bahwa AS akan meninggalkan organisasi kesehatan dunia (WHO) tepatnya pada tanggal (6/7)

WHO ( World Health Organization) merupakan salah satu badan PBB yang memilki tanggung jawab sebagaikoordinator kesehatan umum Internasional, Yang terletak di Janewa, Swiss.

Sebelumnya Donald Trump selaku pemimpin AS itu mengungkapkan bahwa dirinya merasa WHO tidak bisa menanggulangi virus ini. Dirinya juga merasa bahwa organisasi kesehatan dunia ini terlalu membela ‘China’. Tidakan inilah yang membuatnya meragukan WHO dalam upaya penanganan virus Sars-CoV2. 

AS Keluar Dari WHO 2

Tuduhan Boneka China pun ia lontarkan kepada WHO. “"China memiliki kendali penuh atas Organisasi Kesehatan Dunia meskipun hanya membayar 40 juta dolar per tahun dibandingkan dengan apa yang dibayar Amerika Serikat yaitu sekitar 450 juta dolar per tahun," tuturnya. 

Trump juga telah meberlakukan pemberhatian pendanaan untuk organisasi kesehatan negara itu. Selain itu ‘reformasi gagal’ juga menjadi salah satu alasan Trump menarik AS dari WHO.

"Karena mereka telah gagal melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan itu, kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan mengalihkan dana itu ke seluruh dunia yang layak mendapatkan kebutuhan kesehatan masyarakat global mendesak," kata Trump.

Sementara itu WHO telah menyatakan bahwa organisasinya tengah memverifikasi persyaratan penarikan yang sudah diserahkan AS. Dikutip AFP