MILZERU – Siapa tidak kenal dengan Rambo? Bahkan sampai ada ungkapan “Kuat seperti Rambo”. Kali ini John Rambo yang diperankan oleh Sylvester Stallone kembali hadir untuk menghibur para penggemarnya dengan film Rambo: Last Blood.

Saat film dimulai, Rambo sendiri sudah beraksi dalam menyelamatkan wisatawan yang terjebak di gunung saat terjadinya hujan badai dan banjir bandang. Saat melakukan penyelamatan, Rambo hanya mampu menyelamatkan 1 orang saja dari 3 wisatawan yang terjebak. Dia merasa sedih dan menyesal karena gagal menyelamatkan 2 wisatawan lainnya dan membuatnya mengingat luka masa lalu.

Dalam Film Rambo: Last Blood ini, Rambo sudah menua dan tinggal di rumah peternakan kuda bersama dengan Maria (Adriana Barraza) dan anak Maria bernama Gabrielle (Yvette Monreal). Maria sendiri sudah dianggap sebagai adik oleh Rambo.

Gabrielle yang sudah lulus sekolah akan melanjutkan kuliah di luar tempat Rambo tinggal. Rambo yang menyayangi Gabrielle seperti anak sendiri berusaha menjaga Gabrielle dengan memberikannya pisau untuk membela diri. Saat Gabrielle sedang pesta bersama dengan kekasih dan teman-temannya, Gabrielle mendapat kabar mengenai lokasi keberadaan ayahnya yang telah pergi dari temannya di meksiko.

Gabrielle yang dilarang oleh Rambo dan Maria nekat pergi ke Meksiko. Disana Gabrielle akhirnya bisa menemui Ayahnya, namun penjelasan yang didapat membuatnya sangat sedih. Gabrielle yang sedih pergi ke klab malam bersama dengan temannya, disana dia disekap oleh mafia Meksiko. Disana Gabrielle dijadikan pekerja seks komersial dan diberikan obat-obatan.

Rambo yang mendengar kabar hilangnya Gabrielle langsung pergi ke Meksiko untuk menyelamatkannya. Rambo yang berusaha menyelamatkan Gabrielle ketahuan dan disiksa oleh mafia meksiko tersebut. Rambo yang berhasil sembuh dari luka bekas penyiksaan itu berusaha untuk menyelamatkan Gabrielle lagi. Namun sayang Rambo terlambat, Gabrielle yang berhasil diselamatkannya meninggal dalam perjalanan pulang ke rumah mereka.

Rambo yang sedih dan marah karena meninggalnya Gabrielle menyiapkan pembalasan dendam dan perangkap di rumahnya untuk menghabisi mafia Meksiko yang telah membunuh Gabrielle. Rambo menyuruh Maria untuk pergi dan berduka di tempat kakak dari Maria.

Film Rambo: Last Blood ini merupakan film Rambo yang kelima. Film ini juga menjadi film penutup dari petualangan John Rambo. Sama seperti film-film Rambo sebelumnya, Film ini memperlihatkan strategi perang Rambo yang gerilya dan brutal, namun film terbarunya ini lebih brutal dibandingkan yang sebelumnya. Menunjukkan amarah Rambo kepada Mafia Meksiko.

Dalam film ini juga masih memperlihatkan pisau menjadi primadona yang sering muncul dan dipakai. Selain itu ada gua yang dibuat seperti gua-gua perang di vietnam. Masih menjadi unggulan dalam utama adalah jebakan yang dibuat Rambo untuk mengalahkan banyak orang.

Film Rambo: Last Blood ini disutradarai oleh Adrian Grunberg. Film ini memiliki alur yang terbilang mudah ditebak karena banyak film-film yang berhubungan dengan mafia Meksiko. Drama dalam film ini lebih banyak sehingga alurnya menjadi lebih lambat dan membuat kita seperti menonton film semi-drama.

Hal lain yang sungguh disayangkan adalah kurang kuatnya beberapa tokoh pendamping yang seharusnya bisa dibuat lebih kuat, seperti jurnalis lepas yang menolong Rambo di meksiko. Namun meski ada beberapa kekurangan, film ini layak disaksikan untuk penggemar Rambo yang ingin menyaksikan penutupan dari petualangan John Rambo. Film Rambo: Last Blood ini memiliki Rating R namun banyak adegan-adegan brutal yang seharunya untuk Dewasa. Jangan lupa menyaksikan film Rambo di bioskop-bioskop kesayangan anda.