MILZERU – Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Pandemi yang kini masih kian berlangsung, memang memaksa kita untuk membatasi aktivitas untuk pergi keluar rumah atau sekedar jalan-jalan bersama keluarga sepeti keadaan normal biasanya.

Etis, jangan khawatir kamu dan keluarga di rumah juga tetap kok bisa menikmati waktu bersama dengan tontonan film keluarga yang kisahnya bisa bikin menyentuh hati dan banyak mengandung akan makna dan pelajaran untuk kita semua.  

Berikut adalah deretan film-film Indonesia yang tentang keluarga, yang cocok banget ditonton bareng keluarga kamu di rumah. Penasaran film apa aja? Simak informasinya di bawah ini!

1. Keluarga Cemara (2018)

 Film karya Yandy Laurens yang diangkat dari serial televisi era tahun 90-an, “Keluarga Cemara” karya Arswendo Atmowiloto. Mengisahkan tentang Abah (Ringgo Agus Rahman) dan Emak (Nirina Zubir) dan kedua anak mereka, Euis (Zara JKT 48) dan Ara (Widuri Puteri) harus menghadapi keadaan baru yang menimpa keluarga mereka. Euis yang harus pindah sekolah dan beradaptasi dengan teman-teman barunya, dan Abah yang harus berganti pekerjaan. Film ini menunjukan kisah keluarga sederhana yang penuh kehangatan dan kasih sayang. Di dalam kehidupan sederhana yang mereka jalani, mengajarkan bahwa harta yang paling berharga di dunia ini adalah keluarga. 

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2019)

 

Film ini merupakan adaptasi buku dengan judul sama karya Marchella FP. Film yang biasa disingkat deengan NKCTHI ini mengisahkan tentang keluarga yang sebenarnya menyimpan sebuah rahasia. Sebuah keluarga yang terlihat bahagia dan baik-baik saja. Ada kakak beradik bernama Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha) dan Awan (Rachel Amanda). Ketiganya memiliki cerita pilunya masing-masing.

Hingga akhirnya, Awan bertemu dan berkenalan dengan seorang pria bernama Kale. Hinggamulai mendapat tekanan dari kedua orangtuanya, imbasnya tiga kakak beradik itu pun mulai memberontak hingga akhirnya rahasia keluarga mereka terungkap.

Dalam film ini kita akan diperlihatkan tentang perjalnan seseoran mulai dari jatuh, bangun hingga tumbuh lagi Tentang patah, bangun seperti cerita manusia pada umumnya.

3. Orang Kaya Baru (2019)

Berkisah tentang keluarga sederhana yang terdiri dari Bapak (Lukman Sardi), Ibu (Cut Mini) serta tiga anaknya Duta (Derby Romero), Tika (Raline Shah) dan Dodi (Fatih Unru).  Kemana-kemana aktivitas mereka masih menggunakan motor dan metromini. Namun dalam keterbatasan yang ada, keluarga ini saling menyayangi satu sama lain. Mereka selalu makan malam bersama dengan penuh kehangatan. “Duit kalau sedikit cukup, kalau banyak gak cukup,” kata Bapak memberi nasehat kepada anak-anaknya. Sayangnya, kehangatan keluarga tersebut berubah saat Bapak meninggal. Penasaran bagaimana cerita keluarga mereka sehingga bisa menjadi Orang Kaya Baru? 

4. Imperfect (2019)

Imperfect mengisahkan cerita tentang Rara (Jessica Mila) yang bertubuh gemuk dan kulit sawo matang,persis seperti ayahnya . Sementara, adiknya Lulu (Yasmin Napper) mirip seperti ibu mereka Debby (Karina Suwandi) yang merupakan mantan peragawati tahun 1990-an.

Dikisahkan Rara sering mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari lingkungan  kerjanya, tapi ia tetap mencintai pekerjaannya.Dika (Reza Rahadian), yang merupakan kekasih Rara mencintai Rara apa adanya. Kelvin (Dion Wiyoko) atasannya mengharuskan Rara mengubah penampilan Rara untuk menjadi lebih menarik jika ingin mendapatkan kesempatan untuk naik jabatan di kantor. Alhasil Rarapun berhasil mengubah penampilanya.

Namun, hal tersebut membuat banyak konflik yang muncul antara Rara dengan sang kekasih.  Konflik apa saja yang terjadi antara Rara dengan keluarga dan kekasihnya? Kalian wajib tonton film yang satu ini, film ini juga menggambarkan tentang standar kecantikan yang berlaku di lingkungan masyarakat, dan mengajarkan kita bahwa kita bisa tetap bahagia dan percaya diri tanpa perduli standar kecantikan yang ada. 
 

5. Dua Garis Biru (2019)

Berkisah tentang sepasang remaja bernama Bima (Angga Aldi Yunanda) dan Dara (Adhisty Zara) yang masih duduk di bangku SMA. . Hubungan asmara Bima dan Dara yang telah melewati batas menyebabkan Dara hamil.Hingga suatu hari ada kejadian yang membuat kedua orang tua Dara dan Bima datang ke sekolah karena pihak sekolah mengetahui kehamilan dara. Kemudian pihak sekolah memutuskan untuk mengeluarkan Dara dari sekolah.

Orang tua Dara juga mengusirnya dari rumah. Hal tersebut memaksa Dara untuk tinggal di rumah Bima. Gosip tentang kehamilan Dara pun terdengar di lingkungan rumah Bima.Seiring berjalannya waktu, Dara diperbolehkan untuk pulang ke rumahnya. Dara juga mengetahui rencana orang tuanya untuk memberikan bayinya kepada bibi dan pamannya. Film ini cocok untuk kalian tonton khususnya untuk orangtua dan anak, karena dalam film tersebut mengishkan banyak tentang kehidupan percintaan remaja yang perlu akan perhatian dari para orangtua. 

 

6. Ayah Mengapa Aku Berbeda (2011)

Film ini mengangkat cerita tentang anak yang berkebutuhan khusus yang bernama Angel (Dinda Hauw). Angel sejak kecil sudah ditinggal Ibunya yang meninggal. Angel ini merupakan gadis penyandang tunarungu sejak dilahirkan, ia hidup bersama sang Ayah (Surya Saputra) dan Nenek (Rima Melati).

Pada awalnya Ayah Angel tidak menyadari bahwa anaknya penyandang tunarungu, Ketika sang ayah tahu, ia lalu merawat Angel dengan sangat sabar dan tulus. Angel tumbuh menjadi gadis cantik, pintar, dan berbakat. Ia mempunyai bakat yang diturunkan oleh orangtuanya yaitu sebagai pianis. Sekolah tempatnya belajar, menyarankan agar Suryo menyekolahkan Angle ke sekolah umum agar bakatnya tidak sia-sia. Merekapun pindah ke Jakarta.

 

7. Susah Sinyal (2017)

Berkisah tentang Ellen, pengacara sukses sekaligus seorang orangtua tunggal, dan putrinya Kiara, seorang remaja 17 berwatak pemberontak. Hubungan keduanya tak akur karena Ellen tak pernah punya waktu untuk Kiara. Meninggalnya ibunda Ellen, Agatha karena serangan jantung membuat keluarga kecil ini terguncang. Kiara yang sejak kecil sangat dekat dengan Omanya itu terpukul hebat. Berdasarkan arahan psikolog, Ellen mengajak anaknya Kiara berlibur, menghabiskan quality time untuk dapat mengobati masa-masa Kiara kehilangan sosok sang ibu yang terlalu sibuk bekerja.

Akhirnya karena demikian sibuk, Ellen tidak bisa memenuhi janjinya untuk menyaksikan Kiara tampil di audisi ajang pencarian bakat di televisi. Kiara marah, lantas memutuskan pergi ke Sumba seorang diri, tempat terakhir kali ia bisa merasakan secuil kebahagiaan.
 

8. Surat Kecil untuk Tuhan (2017)

Kisah pilu tentang kehidupan kakak beradik yatim piatu, Anton dan Angel.  Di usia mereka yang masih sangat kecil, mereka diperbudak untuk menjadi mesin uang tanpa kenal waktu. Keduanya tidak pernah mengenal indahnya masa kecil. Hingga satu peristiwa Angel mengalami kecelakaan di jalan raya. Ketika Angel sadar, ia sudah ditinggalkan seorang diri di rumah sakit. Dan sejak saat itulah Angel terpisahkan dengan Anton. Ia tidak pernah tahu lagi dimana keberadaan Abangnya. 15 tahun berlalu, di Sydney, Australia.

Berkat keluarga angkatnya yang baik hati, Angel (Bunga Citra Lestari) tumbuh menjadi perempuan cantik dan pandai. Ia berhasil mewujudkan mimpinya menjadi seorang Pengacara. Disana Angel bertemu dengan Martin (Joe Taslim) seorang dokter muda asal Indonesia yang baik hati dan membuatnya jatuh cinta. Hidupnya kini diliputi kebahagiaan. Ia tidak pernah bisa berhenti memikirkan Anton. Ditengah hidupnya yang penuh kebahagiaan dan rencananya untuk menikah dengan Martin, Angel mengambil keputusan untuk kembali ke Jakarta untuk menyelesaikan dulu masa lalunya, mencari keberadaan sang Abang.

9. Sabtu Bersama Bapak (2016)

Gunawan Garnida (Abimana Aryasatya) memiliki jawabannya. Gunawan tahu dia tidak akan dapat melihat kedua anaknya, Satya dan Cakra, tumbuh. Gunawan memutuskan untuk melakukan sesuatu agar kedua anaknya tetap tidak kehilangan sosok bapak dalam hidup mereka. Setelah dewasa, Satya (Arifin Putra) dan Cakra (Deva Mahenra) memiliki masalah mereka sendiri. Satya memiliki masalah dengan cara dia membina rumah tangga bersama Rissa (Acha Septriasha) dan Cakra mengalami kesulitan mencari jodoh. Ibu Itje pun tidak luput dari masalah, yang dia putuskan untuk dia jalani sendiri. 

 

Itu dia beberapa film Indonesia yang mencertiakan tentang keluarga yang bisa jadi rekomendasi tontonan film bareng keluargamu. Selamat menyaksikan di rumah!