MILZERU – Film dokumenter You and I ini, disutradarai oleh Fanny Chotimah.  Rencananya film ini akan ditayangkan secara pedana di Eropa dalam CPH DOX (Copenhagen International Documentary Film Festival), di Denmark pada 21 April hingga 2 Mei 2021.

Film tersebut masuk dalam seleksi kompetisi Next: Wave Award, yang bersaing dengan 12 film dari berbagai negara. Yuk simak fakta selengkapnya!

1. Sinopsis Film

IDNTimes

Bercerita tentang kehidupan tokoh marginal yang sering terlupakan menjadi stigma masyarakat berakhri negatif. Dua wanita tua Kaminah dan Kusdalini yang bersua di penjara setengah abad lalu, dan setelah keluar dari penjara mereka hidup bersama hingga masa tuanya di Solo, Jawa Tengah. Kisah inspiratif tentang cara menjalani hidup yang sederhana tersebut mampu menarik perhatian para penonton 

2. Bercerita tentang masa lalu dan  persahabatan 

IDN Times

Kusdalini yang merupakan salah satu tokoh pada film ini menderita demensia dan sering mengalami kelupaan. Sehingga sutradara film kemudian membuatkan catatan yang ditaruh di dekat kotak kacamata agar mudah mengingat memorinya tersebut.

3. Berlatar tempat di Solo sehingga film ini mengandung nilai budaya Jawa yang ramah 

IDN Times

Karena Kaminah dan Kusdalini hidup bersama di Solo, Jawa Tengah sehingga latar tempat film ini pun demikian. Latar budaya Jawa yang terkenal dengan keramahan serta nilai gotong royong oleh karena itu mereka sangatlah akrabdan saling membantu dalam berbagai situasi dan kondisi. 

4. Syuting dengan waktu Tiga tahun tentu membuat banyak makna dan memori 

IDN Times

Proses syuting film ini berlangsung selama tiga tahun yang diproduksi oleh KawanKawan Media, Partisipasi Indonesia, dan Yayasan Super 8mm Studio dan diproduseri oleh Amerta Kusuma, Tazia Teresa Darryanto, dan Yulia Evina Bhara. Sutradara dari film ini yaitu Fanny juga menjalin hubungan yang dekat dengan Kaminah dan Kusdalini.

5. Meraih berbagai penghargaan yang mengagumkan

IDN Times

Ternyata film ini mendapatkan penghargaan yang luar biasa baik di dalam negeri maupun luar negeri. Seperti di The Best Film in Asian Competition DMZ International Documentary Film Festival 2020, South Korea The Best Feature-Length Documentary Indonesia Film Festival 2020, Closing Film Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2020, hingga Asian Vision SIngapore International Film Festival 2020. 

Nah itu dia tadi sobarzeru fakta tentang film Dokumenter You and I, dan kabarnya akan segera tayang secara nasional di Indonesia loh, kita nantikan saja ya karya keren dari Fanny Chotimah!