MILZERU – Dora the Explorer yang lebih dulu dikenal sebagai salah satu kartun anak-anak sejak awal 2000-an, seiring berjalannya waktu ia sudah beranjak remaja berusia 16 tahun. Itulah gambaran Dora dalam film petulangan terbarunya berjudul Dora and the Lost City of Gold karya Paramount Pictures dan Nickelodeon Movies. Film besutan James Bobin ini menyajikan pengalaman dengan penuh aksi dari beberapa karakter yang dikenal anak-anak milenial, bikin kita nostalgia nonton Dora sebelum berangkat sekolah ya.

Film yang tayang di Indonesia pada 9 Agustus 2019 ini berceritakan mengenai kehidupan Dora yang memiliki kebiasaan mengeksplorasi hutan bersama Boots, hewan peliharaannya. Suatu hari, kedua orang tua Dora akan mengeksplorasi hutan untuk menemukan Kota Emas Parapata yang hilang.

Keinginan Dora untuk bergabung dengan kedua orang tuanya ternyata tidak berhasil, ia harus masuk sekolah, bergaul dengan anak kota lainnya. Sayangnya, ketika sudah di kota, menurut Diego yang merupakan sepupunya merasakan bahwa Dora tidak seceria dulu lagi.

Dora and The Lost City of Gold berhasil membuat para penonton bernostalgia menonton film masa kecilnya, bagi para pecinta Dora pasti kamu ga ketinggalan dong nonton film yang ditunggu-tunggu ini. Efek animasi yang ditampilkan dalam film juga digambarkan secara mulus. Dora sang protagonis bisa membuat penikmat layar lebih merasa nyaman dan memiliki keterikatan sepanjang cerita.

Dora yang ceria dan selalu positif dalam filmnya, diharapkan bisa menyalurkan semangat juga kepada para penontonnya. Meski dihadapkan dengan keadaan yang sulit namun Dora selalu merasa yakin bahwa masalah yang sedang dihadapi pasti bisa diselesaikan.

Durasi selama 172 menit yang banyak juga ditonton oleh anak-anak, nampaknya terlalu panjang untuk disajikan. Meski begitu keseluruhan cerita dan adegan dapat menghibur penonton semua umur, tapi kalau kamu bukan pengikut Dora sejak kartun sepertinya perlu membiasakan diri terlebih dahulu untuk memahami bagaimana dunia fiksi film ini karena rasa film ini benar-benar live action rasa kartun. Dora yang diperankan oleh Isabela Moner berhasil ditmpilkan dengan sangat apik. Kemiripan tampak dari gaya rambut dan pakaiannya.