MILZERU – Tahun 2020 memang disebut-sebut sebagai tahun yang sulit, tetapi bukan menjadi penghalang bagi para musisi untuk terus berkarya. Ada banyak karya yang lahir di tahun berat ini. Bahkan lagu dan album yang dirilis pun tak kalah hebat dibanding lagu dan album yang rilis di tahun-tahun sebelumnya. Jelang akhir tahun, Billboard telah merilis daftar album terbaik sepanjang 2020. Berikut ini lima album terbaik sepanjang tahun 2020 versi Billboard.

Taylor Swift - Folklore

Kalian pasti setuju jika album Folklore milik Taylor ini termasuk album terbaik di tahun ini. Album ini digarap bersama beberapa kolaborator seperti Aaron Dessner, Jack Antonoff, dan William Bowery alias Joe Alwyn. 

Folklore

Dirilis pada Juli 2020, album ini telah tercatat sebagai album dari artis perempuan dengan hari pembukaan terbesar di Spotify. Setelah rilis, album ini juga langsung menghuni tangga album Billboard 200 di posisi pertama selama 8 minggu. Selain itu, Taylor juga mendapatkan enam nominasi Grammy Award 2021.

Dua Lipa - Future Nostalgia

Album ini terinspirasi dari musik yang sering didengarkan oleh Dua Lipa sewaktu kecil. Album ini menggabungkan genre pop disko dengan sentuhan musik pop dan elektronik modern. 

Dua Lipa

Lima lagu dari album ini juga berhasil menduduki tangga lagu Billboard Hot 100 diantaranya, Don't Start Now (2), Physical (3), Levitating (6), Break My Heart (10), dan Hallucinate (16). Album "Future Nostalgia" juga berhasil mendapatkan lima nominasi di Grammy Award 2021.

The Weeknd - After Hours

Album ini digarap bersama beberapa produser seperti DaHeala, Illangelo, Max Martin, Metro Boomin, dan OPN. Di minggu pertama perilisan, album ini langsung menduduki puncak tangga album Billboard 200. 

Selain itu, 14 lagu dari album ini juga menempati tangga lagu Billboard Hot 100. Dan 10 diantaranya memasuki top 40 dengan lagi Blinding Light di posisi pertama.

Bad Bunny - YHLQMDLG

Awalnya mungkin kalian akan bingung jika mendengar nama album ini. Judul album ini merupakan singkatan dari bahasa Spanyol yakni “Yo Hago Lo Que Me Da La Gana” yang berarti “kulakukan semauku”. 

Bad Bunny

Album yang dirilis pada Februari 2020 ini berhasil mendapatkan satu nominasi Grammy 2021 sebagai Best Latin Pop or Urban Album dan juga dinobatkan sebagai album paling banyak distreaming sepanjang 2020 secara global oleh Spotify.

Lady Gaga - Chromatica

Album yang perilisannya sempat tertunda akibat pandemi ini merupakan album studio ke-6 milik Lady Gaga. Album ini berisi 16 lagu dengan lagu utama 'Stupid Love'. Tiga dari 16 lagu di album ini merupakan lagu kolaborasi, diantaranya Rain on Me bersama Ariana Grande, Sour Candy bersama Blackpink, dan Sine from Above bersama Elton John.

Lady Gaga

Album ini juga berhasil mendapatkan nominasi untuk kategori Best Pop Vocal Album untuk album “Chromatica” dan  Best Pop Duo/Group Performance untuk Rain on Me dalam ajang penghargaan Grammy Award 2021.

Nah, itu dia lima album terbaik sepanjang 2020 versi Billboard, ada album favoritmu?