MILZERU – ​SoftAnimal, project musik solo garapan Bayu Adisapoetra yang biasa dikenal sebagai drummer Elephant Kind kembali merilis single terbarunya yang berjudul “Putih Mata” di awal tahun 2020. Setelah merilis mini album “Nanook” (2018) dan single “Hukum Rimba” (2019) sebelumnya, single “Putih Mata” kali ini memiliki arti sakit hati atau patah hati. Lagu yang ditulis oleh Bayu sendiri ini dibantu oleh musisi-musisi dan juga visual artist Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya.

Seperti judul lagu itu sendiri, single “Putih Mata” bercerita tentang perasaan sedih selepas patah hati. Namun, lagu ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin mengobati rasa sakit hati itu sendiri. Menurut drummer Elephant Kind ini, “Putih Mata” dibuat karena pada dasarnya kita semua pasti pernah merasakan patah hati dan ia ingin berpesan kepada pendengarnya bahwa semuanya akan berakhir baik-baik saja. Intinya, lagu ini mengajak pendengarnya untuk lebih lapang menghadapi perpisahan dan move on.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, project lagu ini dibantu oleh musisi-musisi dan juga visual artist Indonesia yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Untuk urusan produser, Bayu menggaet drummer Enrico Octaviano yang sudah terkenal sebagai salah satu musisi muda Indonesia berbakat. Tidak hanya itu, Kamga yang merupakan personil dari grup musik Dekat juga turut ambil andil menjadi vocal director dan guest vocalist di lagu ini. John Paul Patton alias Coki yang merupakan pentolan dari band Kelompok Penerbang Roket dalam lagu ini memberikan kontribusinya sebagai pengisi track bass dan synth bass.

Untuk mengisi instrumen gitar pada lagu ini, Bayu kembali mempercayakan Geraldo Oryza personil dari band indie Kripik Peudeus dan Neonomora. Sementara itu, urusan track percussion dan keyboard diisi oleh Zakari Danubrata yang merupakan personil dari duo Mantra Vutura dan Christianto Ario alias Kurosuke. Dan yang terakhir yang tidak kalah penting, Hendra Jaya Putra yang merupakan personil dari Rock & Roll Mafia ikut serta dalam mixing dan mastering lagu “Putih Mata” sehingga lagu ini tidak diragukan lagi kualitasnya.

Dari segi visual, Bayu menggandeng Bunga Yuridespita yang sebelumnya juga pernah bekerja sama dengannya pada EP Elephant Kind (Promenades: A Short Film by Elephant Kind, 2015) dalam rangka menjadikan “Putih Mata” menjadi sebuah karya seni yang ciamik. Untuk urusan video, ada Seamless Creative (Jakarta) dan Meja Bundar Studio (Bandung) yang mengambil peran dalam pengerjaan visual, photoshoot, dan lirik video agar pesan “Putih Mata” sampai ke hati para pendengarnya.

Dalam sesi wawancaranya, Bayu ingin project musiknya kali ini melibatkan teman-teman dekatnya untuk bisa berekspresi. Menurutnya, dengan bekerja secara kolaboratif akan bisa mendapatkan hasil yang cukup maksimal.

Single “Putih Mata” dapat didengarkan di seluruh layanan streaming music digital terhitung sejak tanggal 8 Januari 2020.  Untuk lirik videonya sendiri, telah tayang sehari sebelum peluncuran versi digitalnya di Instagram TV milik Bayu dengan username @iamsoftanimal.

Lirik lagu SoftAnimal – Putih Mata

[Verse 1: SoftAnimal]
Malam penuh tanya
"sedang apakah dirinya?"
Memori yang nyata
Terekam dalam ingatan
(butuh waktu untuk kembali)

[Verse 2: SoftAnimal]
Jangan putus asa
Jangan pula menderita
Tenanglah, hey kawan!
Semua pasti 'kan berubah
(hidup akan terus berputar)

[Chorus: SoftAnimal]
Satu per satu datang
Namun siapa yang⁠—

[Verse 3: SoftAnimal]
Aku dan dirimu
Coba untuk merasakan
Apakah semua
Memang sudah berantakan
(hidup akan terus berputar)
(cinta kita takkan memudar)
 


[Chorus: SoftAnimal]
Satu per satu datang
Namun siapa yang tahan
Sudahlah, hey kawan!
Tetap tenang

[Bridge: Mohammed Kamga]
Kuizinkan kau 'tuk hancurkan hatiku (yeah-eeh)
Tapi bukan 'tuk redupkan apiku (ooh-ooh-ooh)
Kuizinkan kau 'tuk hancurkan hatiku (yeah-eeh)
Tapi bukan 'tuk redupkan apiku (aah-aah-aah)

Kuizinkan kau 'tuk hancurkan hatiku (oh, aku izinkan)
Tapi bukan 'tuk redupkan apiku (tapi jangan kau redupkan)
Kuizinkan kau 'tuk hancurkan hatiku
Tapi bukan 'tuk redupkan apiku

[Chorus: SoftAnimal]
Satu per satu datang (4 tahun bersama)
Namun siapa yang tahan (yeah, yeah, yeah)
Sudahlah, hey kawan!
Tetap tenang dan lapang
Kamu pasti 'kan bertahan
Jangan putus harapan
Sudahlah, hey kawan!
Tetap tenang dan lapang