MILZERU – Setelah 8 tahun lamanya JKT48 menyanyikan lagu-lagu saduran dari sister group mereka AKB48, di tahun ini untuk pertama kalinya idol group JKT48 merilis single original mereka yang diberi judul “Rapsodi”. Lagu ini dirilis pada Rabu (22/01/2020) diiringi oleh press conference yang diadakan di Theater JKT48 fX Sudirman.

“Rapsodi” diciptakan oleh trio komposer terkenal Indonesia Laleilmanino yang berisikan Arya Aditya Ramadhya alias Lale dan Ilman Ibrahim yang  merupakan personil Maliq & D’Essentials, dan Anindyo Baskoro alias Nino yang merupakan personil dari grup musik RAN. Kiprah ketiganya sudah tidak diragukan lagi dalam belantika musik tanah air. Untuk urusan koreografi, pihak JKT48 mempercayakan koreografer popular tanah air, Ari Tulang.

Pada lagu original terbarunya kali ini, tidak ada genre upbeat yang energik seperti lagu-lagu JKT48 sebelumnya. Hampir seluruh lagu JKT48 merupakan lagu yang bisa disisipi chant “oi oi oi”, namun pada “Rapsodi” kali ini akan membuat para penggemar merasa dinyanyikan oleh member JKT48 sendiri. “Rapsodi” menampilkan sisi lain JKT48 dengan membawakan lagu yang lebih medium beat, untuk menyesuaikan selera masyarakat Indonesia agar menjadi lagu yang easy listening dan lebih Indonesia.

Adapun "Rapsodi" menceritakan tentang proses cinta dalam menuju ikatan janji kesetiaan dalam jenjang pernikahan nanti. Lagu ini juga menggambarkan kegembiraan dua pasang insan yang sedang jatuh cinta. Hal ini dapat kita lihat secara jelas dari liriknya dan video klipnya yang tayang pada channel Youtube resmi JKT48.

 

Sementara itu, lagu “Rapsodi” ini dinyanyikan oleh 16 member posisi teratas (senbatsu) yang terpilih lewat Pemilihan Member Single Original pada Sabtu (30/11/2019). Member yang terpilih untuk menjadi center ialah Shani Indira Natio yang berhasil mendapatkan jumlah suara tertinggi dari fans. “Rapsodi” sendiri merupakan title track dari EP terbaru JKT48. JKT 48 merilis sebanyak 5 lagu dalam album terbarunya yang bertajuk Rapsodi, diantaranya adalah Rapsodi, Sweet & Bitter, Menanti, Mimpi yang Hina (Gesu Na Yume), dan Siapa yang Mempertemukan Kita Berdua (Dare Ga Futari Wo Deawaseta No Ka).

Lirik Lagu JKT48 – Rapsodi:

Kulihat ada yang bersinar
Di kedua bola matamu
Kau buat malam gelap ini
Jadi penuh cahaya terang kilau pesona

Kasih andai anganku bersuara
Dia kan bernyanyi
Rapsodi indah yang kan bermuara
Di fajar hati
Kelingking kita berjanji
Jari manis jadi saksi

Bahagia hingga sang bumi
Enggan berputar lagi

Kau buat aku sempurna
Saat kau berkata iya
Kau izinkan ku berlaga
Mengarungi dunia
Di sisimu selamanya

Kita saling bersandar
Hingga bumi tak berputar
Cinta kita takkan pudar
Selamanya