MILZERU –  Ketika mendengar kata Bad Guy, pasti langsung terngiang reff dari lagu yang sangat ikonik ini, terutama bagi para millenials. Lagu karangan Billie Eilish dan sang kakak Finneas O’Connell ini berhasil menyabet posisi kedua dalam Top 100 Billboard Chart setelah Senorita milik Shawn Mendes dan Camila Cabello.

Penyanyi muda sekaligus penulis lagu yang memiliki nama asli Billie Eilish Pirate Baird O'Connell ini lahir di Los Angeles, Amerika pada 18 Desember 2001. Billie mulai dikenal setelah ia merilis single yang berjudul “Ocean Eyes” di platform audio SoundCloud. Dan memulai debutnya dengan EP yang berjudul “Don’t Smile At Me” pada tahun 2017 yang meraih Top 15 di Amerika, Inggris, Kanada dan Australia dan menelurkan single yang bejudul “Bellyache”. Billlie juga berkolaborasi dengan penyanyi terkenal lainnya seperti Khalid dalam singlenya “Lovely” yang telah dirilis April 2018 yang menjadi soundtrack musim kedua film serial “13 Reasons Why”.

Bad Guy yang dirilis pada 29 Maret 2019 merupakan lagu kelima dari album “When We All Fall Asleep, Where Do We Go?”. Saat ini video klipnya sudah ditonton sebanyak 500 juta kali dan memiliki sebanyak 9 juta suka yang disutradarai oleh Dave Meyers dan segera dirilis bersamaan dengan dirilisnya single tersebut. Dalam videonya terdapat beberapa adegan Bille berjoget, dan dilansir dari wawancara SPACES: Inside the Tiny Bedroom Where Finneas and Billie Are Redefining Pop Music, Bad Guy direkam di rumah masa kecil mereka. Bad guy sendiri artinya “Orang Jahat”. Secara garis besar liriknya membahas tentang seseorang yang mengaku dirinya sebagai orang yang “bad”.

Dalam liriknya Billie menyiratkan bahwa ia sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat. Dimana pria yang berhubungan dengan Billie itu selalu melakukan kekerasan secara fisik. Namun ironi, ternyata Billie hanya mengikut aturan main pria itu saja. Karena ternyata Billie lah yang memegang kendali. Meskipun pria itu selalu bermain “tangguh”.

Dalam lirik “I like it when you get mad”, Billie menyampaikan bahwa ia suka ketika pria itu marah. Namun pada akhirnya, pria itu yang digambarkan sebagai tipe yang jantan karena terdapat lirik yang mengatakan “So you’re a tough guy” dan “Like it really rough guy”. Namun yang merupakan “bad guy” sebenarnya adalah Billie sendiri. Dalam lagunya Billie mengatakan bahwa ia adalah tipe orang yang bisa membuat mama pria itu sedih, membuat pacarnya sangat marah, dan jika diinginkan ia bisa merayu ayah dari pria yang Billie bicarakan. Itulah makna dari lirik lagu Bad Guy.

Dan menurut Billie sendiri lagu ini sebenarnya berarti bagaimana lucunya orang-orang dalam menyampaikan persona mereka yang sebenarnya tidak sama seperti apa yang mereka sampaikan pada orang lain, termasuk dirinya.

Jadi ringkasnya, bila dikaitkan antara makna dalam lirik dan makna yang Billie sampaikan, lelaki yang Billie bicarakan itu memiliki persona seakan-akan ia merupakan seorang pria yang tangguh, keras, dan jantan yang memiliki kontrol atas Billie. Namun kebenenarannya tidak seperti itu, melainkan Billie lah yang lebih buruk dari pria itu. Jadi pria itu bukanlah refleksi dari persona yang telah ia sampaikan dan orang-orang lihat.

Awalnya Billie tidak menyangka bahwa hit ini akan meledak . Karena Billie sendiri tidak tahu apakah orang-orang akan menyukai lagu ini. Namun kini Bad Guy menjadi salah satu lagu favorit Billie untuk dibawakan karena lagunya yang menyenangkan, dan dia bangga dengan lagu itu. Dan hingga kini lagunya masih menduduki peringkat kedua dalam Top 100 Billboard Chart.

Berikut ini lirik Bad Guy yang dikutip dari Genius.com:

[Verse 1]

White shirt now red, my bloody nose

Sleepin', you're on your tippy toes

Creepin' around like no one knows

Think you're so criminal

Bruises on both my knees for you

Don't say thank you or please

I do what I want when I'm wanting to

My soul? So cynical

 

[Chorus]

So you're a tough guy

Like it really rough guy

Just can't get enough guy

Chest always so puffed guy

I'm that bad type

Make your mama sad type

Make your girlfriend mad tight

Might seduce your dad type

I'm the bad guy

Duh

 

[Post-Chorus]

I'm the bad guy

 

[Verse 2]

I like it when you take control

Even if you know that you don't

Own me, I'll let you play the role

I'll be your animal

My mommy likes to sing along with me

But she won't sing this song

If she reads all the lyrics

She'll pity the men I know

 

[Chorus]

So you're a tough guy

Like it really rough guy

Just can't get enough guy

Chest always so puffed guy

I'm that bad type

Make your mama sad type

Make your girlfriend mad tight

Might seduce your dad type

I'm the bad guy

Duh

 

[Post-Chorus]

I'm the bad guy, duh

I'm only good at bein' bad, bad

 

[Bridge]

I like when you get mad

I guess I'm pretty glad that you're alone

You said she's scared of me?

I mean, I don't see what she sees

But maybe it's 'cause I'm wearing your cologne

 

[Outro]

I'm a bad guy

I'm a bad guy

Bad guy, bad guy

I'm a bad