MILZERU –  Cara Mudah Membuat Masker Sendiri. 

Merebaknya virus corona, membuat masyarakat seluruh dunia termasuk Indonesia,  dibuat panik bukan main, pasalnya akibat dari merebaknya  virus corona tersebut, berdampak pada pola hidup masyarakat yang cinderung berubah, baik dalam bersosialisasi maupun dalam menjaga kebersihan. 

Namun disamping merebaknya COVID-19, justru terdapat hal menarik yang patut diacungi jempol, Secara sadar, kita mampu menjaga kebersihan diri sebagai efek dari kewaspadaan kita terhadap virus Corona, seperti menggunakan hand sanitizer, gunakan masker, dan menerapkan social distancing. 

Bicara soal masker, tentu adalah hal yang menjadi perhatian ditengah wabah virus Corona. Penggunaan masker ditengah merebaknya COVID-19 dapat mencegah penularan penyakit pada orang yang sehat, namun yang menjadi masalah saat ini, justru banyak oknum yang meraup keuntungan ditengah kepanikan masyarakat terhadap virus corona sehingga mereka membuat harga masker melonjak naik. 

Harga Masker Melonjak Naik! Yuk Buat Masker Sendiri, Mudah kok!

Namun semua itu jangan diambil pusing, Setiap masalah pasti ada solusi, bila harga masker melonjak naik, tidak ada salahnya bila kita bikin masker sendiri, caranya cukup mudah dan murah. kita bisa dengan mudah Penasaran? Di sini kami akan menjelaskan cara buat masker sendiri. yang mudah dan menghemat biaya.

1. Cara Pertama (Menggunakan alat jahit)

Harga Masker Melonjak Naik! Yuk Buat Masker Sendiri, Mudah kok!

Cara membuatnya sangat mudah sekali. Setiap orang pun bisa melakukannya. Ikutilah langkah-langkah berikut untuk membuatnya.

Bahan – Bahan 

  • Kain bekas 
  • Tali/karet
  • Gunting
  • Jarum
  • Alat jahit

Cara membuat

Cara membuatnya cukup mudah dan murah, cukup siapkan kain bersih bekas, seperti sapu tangan atau kain katun dan tali, lalu kain tersebut digunting dan dilipat  menyesusaikan pola wajahmu kemudian letakan tali diujung kiri dan kanan masker lalu jahit bersamaan dengan tali. 

Baca juga: Inilah Cara Membuat Hand Sanitizer Gel di Rumah

2. Cara Kedua (Tanpa alat jahit)

Harga Masker Melonjak Naik! Yuk Buat Masker Sendiri, Mudah kok!
Cara kedua ini juga tidak kalah mudahnya, kamu tidak perlu lagi menggunakan alat jahit  atau semacamnya kamu hanya perlu menggunakan bahan – bahan yang sering kamu jumpai di rumah, Penasaran? Ikuti langkah – langkah berikut untuk membuatnya.

Bahan – Bahan

  • Handuk Kertas (Paper Towel) 
  • Kertas Tisu
  • Selotip
  • Pembolong kertas
  • Karet

Cara Membuat

Cara membuatnya cukup mudah, letakan kertas tisu dan paper towel secara bertumpuk menjadi dua lapis, kemudian potong tumpukan tersebut menjadi dua, sisanya bisa kamu jadikan masker satunya lagi sesuai keinginanmu. 

Selanjutnya ambil selotip lalu rekatkan kertas tisu dan paper towel di sisi kanan dan kiri, lalu buat lubang dengan pembolong kertas, setelah itu masukan tali di lubang yang sudah dibuat tadi.

3. Fungsi Masker

Fungsi masker buatan sendiri yang terpenting adalah untuk melindungi kita dari debu dan juga menghindari kontak langsung dengan orang yang sakit, karena kain tidak memiliki lapisan penyaring bakteri seperti masker pada umumnya, namun fungsinya tetap sama saja yakni hanya untuk membatasi, oleh karena itu penggunaan masker ada baiknya hanya digunakan sekali saja, namun jika masker tersebut buatan sendiri, kamu hanya perlu mencucinya saja.

Nah, itulah cara buat masker sendiri, Ingin mencoba membuatnya? Jangan cuma baca aja! Yuk, sediakan bahan-bahannya!.