MILZERU –  Beberapa Negara Selain China Yang Sudah Melakukan Lockdown 

Lockdown dalam bahasa Indonesia sendiri adalah penutupan kota (karantina wilayah) baik keluar maupun masuk. Lockdown sendiri dilakukan saat kondisi genting yang dialami suatu negara atau wilayah. Saat ini akibat dari merebaknya virus Corona yang kian parah, membuat beberapa kota di dunia memberlakukan Lockdown atau isolasi kota agar memutus mata rantai persebaran virus corona.

Dengan diberlakukanya sistem Lockdown, tentu hal ini berdampak pada aktivitas manusia di kota tersebut, Berbagai pusat perbelanjaan, Bioskop, dan rumah makan, tidak beroperasi, termasuk sekolah, dan kantor turut diliburkan.

Di Indonesia sendiri pemberlakuan Lockdown masih menjadi wacana, meski belum ada keputusan pasti dari Presiden Joko Widodo terkait Lockdown kota Jakarta dan sekitarnya, namun ia menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, seperti menerapkan sistem Work From Home bagi pekerja, dan belajar di rumah bagi pelajar maupun Mahasiswa. Namun Jika virus corona di Indonesia kian parah, tidak menutup kemungkinan Jakarta dan kota di Indonesia bakal di lockdown seperti negara lainya.

Lantas negara apa saja sih yang sudah menerapkan sistem Lockdown? Layaknya kota mati, berikut ini adalah beberapa negara yang sudah melakukan Lockdown,  penasaran negara apa saja? yuk disimak!

1. Italia

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Italia merupakan negara kedua yang paling banyak terjangkit Virus corona setelah China. Negara yang memiliki populasi 60 Juta jiwa ini melaporkan lonjakan COVID-19 terbanyak di Dunia setelah China. Hal ini membuat kota di Italia melakukan karantina besar – besaran, serta membatasi aktivitas penduduknya, seperti mengurangi aktivitas di luar rumah, dengan menutup tempat umum yang berpotensi ramai, dan meliburkan kantor maupun sekolah. 

2. Denmark

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Denmark menjadi negara kedua setelah Itala yang menerapkan sistem Lockdown, PM Denmark Mette Frediksen mengaku bahwa situasi yang dialami negaranya adalah hal yang luar biasa. Oleh karena itu Pemerintah Denmark, menutup fasilitas – fasilitas ramai seperti Universitas, sekolah, dan tempat umum lainya. Pemberlakuan Lockdown untuk kota di Denmark, mulai diberlakukan sejak 14 Maret hingga 13 April mendatang, jika kondisi sudah kondusif.

3. Irlandia

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Sama seperti negara lainya yang memberlakukan Lockdown, Irlandia juga turut menutup beberapa tempat yang berpotensi mengundang keramaian, seperti Sekolah, Universitas, dan fasilitas sosial lainya. Pemerintah Irlandia juga melarang pertemuan yang dihadiri 100 orang, dan melarang pula pertemuan di luar ruangan yang dihadiri 500 orang.  

4. Spanyol

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Sejak 14 Maret lalu, Pemerintah Spanyol memberlakukan Lockdown untuk kota – kota di negaranya. Sama seperti negara lainya, Penutupan kota yang berpenduduk sekitar 47 juta penduduk tersebut dilakukan tak lain untuk memutus mata rantai persebaran virus Corona selama 15 hari kedepan.

5. Lebanon

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Sejak Awal Maret, Pemerintah Lebanon resmi menutup pusat perbelanjaan, restoran, dan Universitas. Walaupun sedang dilanda krisis dan maraknya protest anti pemerintah, Negara Lebanon tetap melakukan Lockdown termasuk berencana menutup Bandara utama yang menjadi pintu gerbang negara tersebut. Penduduk di sana dihimbau untuk tetap melakukan aktivitas di rumah, dan melarang kegiatan yang melibatkan banyak orang. 

6. Filipina

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Negara yang dekat dengan Indonesia ini, turut  memberlakukan Lockdown untuk kota  Manila setelah Filipina mengalami lonjakan tajam kasus COVID-19. Presiden Rodrigo Duterte memberlakukan Lockdown untuk kota Manila sejak 12 Maret lalu. Akibat dari diberlakukanya sistem karantina ini, Duterte melarang aktivitas atau  pertemuan yang berpotensi mengundang keramaian, serta menutup sekolah selama satu bulan, dan mengkarantina kelompok yang diduga menjadi suspect virus Corona.

7. Malaysia

Cegah Corona, Beberapa Negara ini Sudah Melakukan Lockdown!

Tidak mau bernasib sama dengan Penduduk Kota Wuhan, China, Malaysia turut mengkarantina kotanya, hal ini disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Muhidyyin Yasin, yang menyatakan akan melakukan Lockdown untuk memutus mata rantai persebaran virus Corona yang saat ini sudah mencapai 553 orang. Lockdown sendiri akan diberlakukan dari 18 Maret hingga 13 April mendatang. Seluruh fasilitas ramai baik tempat ibadah dan tempat bisnis telah ditutup, kecuali tempat yang menjual kebutuhan sehari – hari seperti supermarket, Toko kelontong, dan toko serba ada.

Itulah beberapa negara yang sudah melakukan Lockdown, semoga negara kita tidak mengalami hal yang sama, oleh karena itu, stay save dan tetap di rumah, hindari kerumunan ramai, dan jangan lupa untuk selalu jaga kebershian ya gengs!