MILZERU – Wabah virus corona atau COVID-19 masih menjadi masalah serius dalam bidang kesehatan di dunia. Penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan ini awalnya muncul di Wuhan, China pada Desember 2019 lalu, namun telah menyebar di 83 negara lain, termasuk Indonesia.

Data sementara mencatat bahwa lebih dari 100 ribu orang telah dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, dengan angka kematian yang menyentuh 3.800 jiwa dan orang yang dinyatakan sembuh diperkirakan 60 ribu lebih.

Informasi mengenai wabah corona yang banyak beredar mau tak mau dapat mempengaruhi kesehatan mental sebagian orang. Berita terkait isu virus Corona banyak bertebaran, baik melalui media massa ataupun media sosial. Apalagi banyaknya media dan orang yang tak bertanggung jawab menyebarkan berita hoax terkait virus Corona sehingga semakin menimbulkan rasa cemas dan panik di kalangan masyarakat.

Di satu sisi, informasi tersebut penting untuk membangun kewaspadaan dan bekal diri akan kabar terkini. Namun di sisi lain, tak jarang ada pihak tertentu yang dengan sengaja memanfaatkan situasi seperti ini untuk membentuk rasa takut dan khawatir masyarakat. Maka dari itu, langkah tepat  dan cepat menjadi sangat penting untuk menemukan mekanisme menghadapi ketakutan dan kecemasan. Tindakan ini penting dilakukan untuk memastikan kesehatan mental dan mengelola rasa yang ada dalam diri agar tak mengarah pada kepanikan.

  1. Membiasakan diri mengakses berita secara sehat 

Patut Dicoba, Inilah Tips Hadapi Ketakutan Akibat Virus Corona!

Kecemasan terkait kesehatan (health anxiety) terkadang cukup dilakukan dengan cara membaca dan mencari informasi baru. Sebagai contoh kamu sedang mengalami gejala, tanda atau segala sesuatu yang menumbuhkan rasa cemas, tentunya dapat dipasti kamu akan langsung mencoba mencari informasi yang dibutuhkan.

Penting nyauntuk selalu memperbarui informasi, tetapi jangan lupa untuk memberikan jeda agar informasi yang sama dari beberapa sumber tidak menjadi ‘overload information’ di kepala. Dalam hal ini, sangat disarankan untuk memilih satu sumber informasi tepat dan terpercaya.

  1. Mengatur perspektif 

Patut Dicoba, Inilah Tips Hadapi Ketakutan Akibat Virus Corona!

Statistik atau infografis yang sering diselipkan dalam sebuat berita seringkali menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, terutama terkait jumlah orang yang terinfeksi dan meninggal tampak. Jika hal tersebut membentuk perasaan cemas didalam diri, sebaiknya kamu menempatkan hal tersebut ke dalam sebuah perspektif.

  1. Menerapkan sistem self care 

Patut Dicoba, Inilah Tips Hadapi Ketakutan Akibat Virus Corona!

Virus corona saat ini jadi topik hangat kesehatan global dikarenakan belum ditemukannya vaksin yang tepat untuk menyembuhkan penyakit ini. Semua orang banyak memperbincangkan topik ini dikarekan penyebaran dan penularan yang begitu luas dan cepat. Langkah yang tepat disituasi saat ini adalah memberikan diri waktu untuk memproses apa yang terjadi dan merasionalisasikan pikiran yang cemas. Cara ini dapat dilakukan sebagai tindakan untuk merawat diri sendiri atau self care.

Selain itu, disaat rasa cemas menghampiri diri kamu hingga mempengaruhi pekerjaan, sebaiknya kamu dapat meluangkan waktu sejenak atau meminta izin beberapa hari, sehingga kamu dapat mengisi hari-hari mu dengan hal baru atau pergi berlibur ke tempat baru.

  1. Mencari Tahu penyebab rasa cemas 

Patut Dicoba, Inilah Tips Hadapi Ketakutan Akibat Virus Corona!

Kecemasan seolah menjadi monster yang misterius dan menakutkan. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk meluangkan waktu sejenak untuk memeriksa awal mula rasa cemas yang ada didalam dirimu berasal, seperti cemas yang disebabkan karena kondisi kesehatan atau manifestasi dari rasa khawatir akan berbagai hal. Kemudian apapun asal atau penyebab rasa cemas, ketahuilah bahwa tandanya kamu perlu meminta pertolongan orang lain terutama tenaga profesional.