MILZERU – Siapa disini yang sudah tidak asing dengan virus Corona atau COVID-19? Apalagi ditambah banyak berita yang beredar diberbagai media terkait wabah virus Corona, baik media elektronik, portal berita online, ataupun media sosial.

Virus Corona merupakan virus yang pertama kali berkembang di Wuhan, China dan sudah menyebar ke 83 negara lainnya, termasuk Indonesia. Virus yang dikenal menular dan menyerang sistem pernapasan ini telah menginfeksi puluhan ribu orang di seluruh dunia.

Virus Corona ini bisa menginfeksi siapa saja tanpa memandang usia, di Indonesia sendiri sudah sebanyak 309 dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, 25 orang meninggal, dan 15 dinyatakan sembuh, menurut data pemerintah RI terkait update COVID-19 (19/03/20).

Meski bisa terkena pada semua orang, ada beberapa profesi yang dianggap lebih rentan terpapar virus COVID-19. Berikut beberapa pekerjaan mulia yang biasanya lebih cepat dan paling berisiko virus Corona.

  1. Petugas Medis 

Mewabah Virus Corona, 6 Profesi Yang Paling Beresiko Tertular

Pekerjaan yang paling memiliki resiko tinggi terinfeksi virus Corona adalah dokter, perawat, dan orang-orang yang bekerja di rumah sakit. Di seluruh dunia, banyak data yang terlampir bahwa beberapa dokter dan perawat yang merawat para pasien yang terinfeksi virus Corona pun ikut dinyatakan positif terinfeksi COVID-19 dan berakhir meninggal dunia.

Berhadapan langsung dengan orang-orang yang positif virus Corona, tentunya tinggi pula resiko mereka untuk tertular. Dilansir dari The Los Angeles Time, sudah lebih dari 3 ribu pekerja kesehatan di China yang terinfeksi virus Corona.

  1. Petugas Gawat Darurat 

Mewabah Virus Corona, 6 Profesi Yang Paling Beresiko Tertular

Selain dokter dan perawat, profesi yang rentan terinfeksi COVID-19 adalah petugas gawat darurat, seperti pemadam kebakaran, petugas Unit Gawat Darurat (UGD), pengemudi ambulan, atau pun polisi. Profesi tersebut akan menjadi orang yang pertama kali dihubungi oleh pasien virus Corona, tentu tidak menutup kemungkinan profesi tersebut dapat dengan mudah terpapar. Pekerja-pekerja itu juga lebih rentan terinfeksi virus Corona karena sering berhadapan dengan banyak orang di aktivitas kesehariannya.

  1. Pengantar Jasa 

Mewabah Virus Corona, 6 Profesi Yang Paling Beresiko Tertular

Pekerja pengantar jasa tidak menutup kemungkinan untuk terpapar dikarenakan dalam kegiatan keseharian mereka, karena diharuskan bertemu banyak orang yang merupakan pelanggannya sehinga memang berisiko terinfeksi Corona. Para pekerja pengantar jasa, pelayan, pengirim barang, pekerja salon, terapis, kasir, dan ojek online.

  1. Pekerja Media 

Mewabah Virus Corona, 6 Profesi Yang Paling Beresiko Tertular

Demi pencegahan virus Corona, banyak perusahaan yang meminta para staf untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Namun sayangnya tidak semua profesi bisa punya fleksibilitas seperti itu. Beberapa pekerja harus tetap profesional beraktivitas diluar rumah karena tuntutan pekerjaan, terutama ketika ada panggilan mendadak dan membuat mereka benar-benar dibutuhkan di situasi apapun, seperti jurnalis, fotografer, pembawa berita, dan lain-lain.

  1. Kru Penerbangan 

Mewabah Virus Corona, 6 Profesi Yang Paling Beresiko Tertular

Beberapa negara telah membatasi penerbangan, bahkan menghentikan akses sementara untuk beberapa bandara sebagai strategi untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19. Namun tetap saja para kru penerbangan lebih rentan beresiko terinfeksi Corona karena sering bertemu dengan para pengunjung atau turis yang kemungkinan diantara mereka merupakan orang-orang membawa virus Corona. Apalagi tak jarang dari mereka yang harus melayani langsung para pengunjungnya, seperti pramugari.

  1. Pekerja Seni 

Mewabah Virus Corona, 6 Profesi Yang Paling Beresiko Tertular

Tuntutan untuk selalu bersikap profesional merupakan tuntutan setiap profesi, tak terkecuali kalangan pekerja seni atau selebriti sehingga profesi ini pun juga bisa dengan mudah terpapar virus Corona. Tak banyak yang menyadari bahwa para pekerja seni, seperti aktor, penari, penyanyi, atau koreografi pun juga dapat berisiko terkena Corona.

Beberapa stigma yang beredar di kalangan masyarakat menganggap bahwa profesi tersebut selalu menerapkan pola hidup sehat sehingga tidak mungkin profesi tersebut terinfeksi virus Corona. Padahal sesungguhnya profesi tersebut juga rentan terinfeksi dikarenakan mereka sering kali harus berdekatan dengan para kolega yang mungkin saja membawa virus Corona.

Baru-baru ini ada salah satu informasi yang diberitakan bahwa ada seorang penari asal Indonesia yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Selain itu ada beberapa selebriti ternama dunia yang juga mengumumkan bahwa mereka juga dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, salah satunya aktor Tom Hank dan istrinya Rita Wilson yang positif terpapar COVID-19. 

Tetap semangat bekerja, profesi kalian sangat mulia!