MILZERU – Kolaborasi Direktorat Promosi Kesehatan – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan PT Reckitt Benckiser

Pandemi COVID-19 adalah tantangan seluruh aspek kehidupan masyarakat di dunia dan tak terkecuali Indonesia. Direktorat Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Promkes - Kemenkes RI) bekerja sama dengan PT Reckitt Benckiser (RB) mengadakan kegiatan edukasi untuk menjaga kebersihan diri dan mencegah penyebaran kuman lewat cuci tangan yang benar di lingkungan sekolah lewat kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Acara ini dilaksanakan pararel di lima sekolah dasar di kawasan Jakarta Selatan tanpa melibatkan siswa/i dan hanya dihadiri perwakilan guru dan perwakilan instansi dengan mengakat tema “Jaga Kebersihan Tangan, Cegah Penyebaran Kuman di Lingkungan Sekolah” melalui praktek cuci tangan yang benar dan rutin guna mencegah penularan penyakit, khususnya di lingkungan sekolah.

Sosialisasi Gerakan Sekolah Bersih

dr. Riskiyana Sukandhi Putra, M.Kes Direktur Promosi Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengajak semua pihak untuk berada dalam satu komando penanggulangan COVID-19 dengan membentuk sinergi yang kuat untuk menanggulangi pandemi COVID-19 yang kini  di Indonesia sedang kita alami bersama.

“Kami mendorong sekolah-sekolah agar menjadi lingkungan yang aman serta sehat lewat kegiatan belajar dengan membangun perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) lewat kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai langkah nyata pencegahan penularan COVID-19. Khususnya nanti saat kegiatan belajar kembali aktif. Kami berterima kasih juga kepada pelaku-pelaku usaha yang telah mendukung kegiatan ini.” Ujar Riskiyana dalam sambutan.

RB merupakan warga usaha yang sekaligus pelopor di tingkat global yang selalu menggaungkan PHBS dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, khususnya lewat produk sanitasi unggulan yang telah dipercaya seluruh warga dunia sejak diluncurkan pada tahun 1933 di India.  CSR Director Reckitt Benckiser (RB) Indonesia, dr. Helena Rahayu Wonoadi menekankan bahwa kolaborasi ini merupakan aspek penting untuk seluruh pemangku kepentingan bersinergi dan bergerak bersama dalam menanggulangi pandemic COVID-19 dengan semangat kemanusiaan dan solidaritas.

“Kami mendorong masyarakat untuk secara proaktif berpartisipasi dalam menyebarkan kebaikan kecil dengan mengajak anak-anak untuk mempraktikkan PHBS dengan cara menjaga kebersihan tangan yang baik, yaitu dengan mencuci tangan secara rutin dengan air mengalir dan sabun untuk memastikan seluruh permukaan tangan telah bersih.” Ucap Helena.

Sosialisasi Gerakan Sekolah Bersih

Sebagai tindak lanjut dari acara, Kemenkes RI dan RB akan menyelenggarakan sejumlah kegiatan terbatas lanjutan seperti menyediakan sabun dan memberikan peraalatan kebersihan sebagai upaya promotif CTPS kepada anak-anak dan staf di lingkungan sekolah. Dalam kesempatan yang sama, RB Indonesia dan Kemenkes RI juga menekankan kembali pentingnya menerapkan lima langkah CTPS benar yang harus disosialisasikan luas:

  1. Basahi tangan seluruhnya dengan air mengalir.
  2. Gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela-sela jari.
  3. Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.
  4. Bilas tangan dengan air bersih mengalir.
  5. Keringkan tangan dengan handuk/tissue atau keringkan dengan udara/dianginkan.