MILZERU –  5 Tips Meningkatkan Imun yang Wajib Dilakukan di Tengah Wabah Corona

Virus corona termasuk virus yang memiliki risiko kematian yang masih rendah, namun penyebarannya yang begitu cepat membuat banyak orang khawatir dan perlu melakukan pencegahan. Salah satu cara yang paling ampuh adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk itu, sebaiknya ikuti tips meningkatkan imun agar tidak tertular virus corona sebagai berikut:

  1. Makan Makanan yang Kaya Serat

Inilah Tips Meningkatkan Imun Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona

Di dalam tubuh kita terdapat bakteri usus, bakteri tersebut akan menghasilkan mikrobioma yang bisa melindungi tubuh atau sebagai sistem imun tubuh. Namun, jika mikrobioma kurang serat, maka respon imunnya kurang bisa berkembang.

Agar mikrobioma dalam tubuh berfungsi dengan baik, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan perbanyak memakan berbagai makanan nabati. Sebab, mikroba dalam tubuhmu sangat menyukai makanan yang kaya akan serat.

  1. Hindari Paparan Sinar Ultra Violet

Inilah Tips Meningkatkan Imun Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona

Selain mikrobioma dalam usus, mikrobioma dalam kulit juga penting. Jika kamu sering terpapar sinar Ultra Violet (UV), maka bisa menurunkan fungsi imun di kulit.

Tidak hanya sinar UV, jika kamu mencuci menggunakan sabun atau antibakteri yang salah juga dapat merusak mikrobioma kulit lho!

Untuk itu, sebaiknya hindari paparan sinar UV dan sebaiknya jangan gunakan sabun atau antibakteri yang sensitif terhadap kulitmu.

  1. Rajin Berolahraga

Inilah Tips Meningkatkan Imun Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona

Salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu yakni berolahraga. Dengan berolahraga dapat meningkatkan peredaran darah dan mengaktifkan sel darah putih  yang bekerja untuk mengawasi virus atau benda asing yang ada dalam tubuh. Sel darah putih tersebut juga bisa menghancurkan virus jahat yang ada dalam tubuh.

Untuk itu, jangan lupa berolahraga ya, tidak perlu olahraga yang berat yang penting kamu rajin berolahraga setiap hari.

  1. Jangan Minum Alkohol

Inilah Tips Meningkatkan Imun Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona

Meminum alkohol dapat menonaktifkan sistem imun dalam tubuhmu. Selain itu, jika kamu terlalu banyak minum alkohol, limfosit dalam tubuh bisa berkurang.

Jadi, ketika virus mulai menyerang tubuhmu, imun dalam tubuh tidak bisa melawannya. Selain itu, meminum alkohol juga bisa memicu timbulnya beberapa penyakit yang bisa merusak organ tubuh.

  1. Tidur yang Cukup

Inilah Tips Meningkatkan Imun Agar Tidak Mudah Tertular Virus Corona

Cara jitu agar tidurmu berkualitas dan cukup yaitu dengan memakan makanan yang sehat dan rutin berolahraga setiap hari.

Berdasarkan penelitian, seseorang yang bisa tidur dengan cepat memiliki sistem imun yang kuat. Selain itu, jika pola tidur kamu teratur bisa dipastikan tubuh kamu jaga cenderung selalu sehat dan bugar.

Itulah 5 tips meningkatkan imun agar tidak terpapar virus corona. Pastikan kamu mengikuti semua tips tersebut agar daya tahan kamu semakin meningkat ya!