MILZERU –  4 Tips Mengatasi Ketakutan Akan Isu Virus Corona Bagi Anak!

Salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan virus corona yang tengah merebak hampir di seluruh dunia yaitu dengan melakukan isolasi di rumah secara massal selama 2 minggu. Termasuk kegiatan belajar di rumah bagi anak, namun agar anak tidak cemas, sebaiknya ikuti 4 tips mengatasi ketakutan akan isu virus corona berikut ini:

  1. Jelaskan secara Jujur dan Sesuai Fakta

Stop Panik! Ini Tips Mengatasi Ketakutan Akan Isu Virus Corona

Meskipun khawatir buah hati kamu merasa cemas, sebaiknya jelaskan secara jujur beberapa fakta dan bukti mengenai virus corona. Jelaskan juga mengapa anak-anak harus belajar di rumah dan tidak boleh kemana-mana.

Selain itu, dalam menjelaskan kepada anak terkait virus corona, sebaiknya gunakan bahasa yang bisa dengan mudah dipahami oleh anak.

Pastikan juga kamu menjelaskan bagaimana virus itu bisa muncul, dan bagaimana sebaiknya mencegah virus tersebut.

  1. Ajarkan Mereka Cara Pencegahan Virus

Stop Panik! Ini Tips Mengatasi Ketakutan Akan Isu Virus Corona

Tidak hanya menjelaskan fakta terkait corona secara jujur, kamu juga bisa mengajak mereka untuk bekerja sama mencegah virus corona. Caranya, kamu bisa menjelaskan dan mengajarkan mereka hal-hal apa saja yang bisa mereka lakukan untuk mencegah virus tersebut.

Selain itu, tanamkan rasa kepercayaan antara orang tua dan anak dan pastikan mereka berada dalam kondisi yang aman.

  1. Ajak Anak Berdiskusi

Stop Panik! Ini Tips Mengatasi Ketakutan Akan Isu Virus Corona

Tidak hanya mendapatkan berbagai informasi terkait penularan virus corona, pastikan kamu juga menyampaikan pesan yang positif kepada sang buah hati ya! Kamu bisa mengajak mereka berdiskusi dan mengatakan jika kita bisa menjadi bagian untuk mencegah penularan virus corona.

Salah satu caranya yaitu dengan meminta bantuan kepada anak untuk menyiapkan masker atau hand sanitizer di rumah.

Selain itu, kamu juga bisa ajukan pertanyaan kepada anak, misalnya “Apa kamu takut dengan penyebaran virus corona? Mengapa kamu takut? Bagaimana cara agar kamu merasa aman?” dan pertanyaan-pertanyaan lainnya agar mereka tetap merasa aman dan bisa mengatasi ketakutan mengenai isu virus corona.

  1. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Stop Panik! Ini Tips Mengatasi Ketakutan Akan Isu Virus Corona

Tips terbaik lainnya untuk mengatasi ketakutan anak yaitu pastikan sebagai orang tua kamu tetap tenang dan jangan tunjukan rasa panikmu kepada anak. Jika orang tua ada waktu, sebaiknya temani anak saat sedang belajar di rumah.

Selain itu, kamu sebagai orang tua juga bisa melakukan kegiatan bersama keluarga seperti masak, bersih-bersih rumah, dan lainnya agar anak tidak merasa bosan saat berada di rumah.

Itulah 4 tips mengatasi ketakutan akan isu virus corona bagi buah hati. Pastikan kamu mengikuti semua tips di atas ya! Kamu bisa juga ambil nilai positif dari kejadian ini, yaitu bisa meningkatkan “quality time” bersama keluarga.