MILZERU –  7 Tips Produktif WFH yang Bisa Kamu Coba!

Hampir setiap hari penderita virus corona semakin bertambah. Salah satu cara untuk mencegahnya yaitu adanya peraturan social distance atau isolasi diri di rumah, termasuk Work from Home (WFH). WFH nampak menyenangkan, namun biasanya kamu cenderung kurang produktif. Nah, Buat kamu yang menjalani WFH, ikuti 7 tips produktif WFH berikut ini:

  1. Berkomunikasi Secara Online dengan Jelas dan Lengkap

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Ketimbang berkomunikasi secara langsung di kantor, komunikasi secara online cenderung memunculkan kesalahpahaman. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan bahasa komunikasi yang jelas dan lengkap ketika berkoordinasi dengan rekan kerjamu.

Caranya kamu bisa berkoordinasi terkait pekerjaan dengan berkomunikasi lewat telepon dan email kepada rekan kerjamu.

  1. Tetap Jalankan Rutinitas Pagimu Seperti Biasa

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Agar terhindar dari rasa malas ketika bekerja dari rumah, tetap jalankan rutinitas pagimu seperti biasanya saat kamu bekerja di kantor. Misalnya saja, bangun pagi kemudian berolahraga, mandi, dan lainnya agar “mode bekerja” kamu tetap terjaga.

Jadi, meskipun bekerja dari rumah, semangat bekerja kamu tetap terjaga ya!

  1. Buat Jadwal Pekerjaan Agar Lebih Produktif

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Meskipun bekerja dari rumah cenderung lebih fleksibel, namun pastikan kamu bisa mengatur jadwal pekerjaan secara maksimal agar lebih produktif. Buatlah jadwal perencanaan pekerjaan, istirahat, deadline project, hingga conference call meeting secara rinci.

Dan pastikan kamu mengikuti setiap jadwal tersebut ya!

  1. Gunakan Ruang Khusus sebagai Tempat Bekerja di Rumah

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Salah satu cara agar tetap fokus dalam bekerja adalah menggunakan ruang khusus di rumah sebagai tempat bekerja. Kamu bisa gunakan salah satu ruangan di rumah kamu, misalnya saja kamar atau ruang lainnya.

Selain itu, agar kamu bisa bekerja dengan nyaman, pastikan kamu memasang komputer atau laptop dan internet di ruangan tersebut!

Jadi, jika kamu berada di ruang tersebut, orang-orang di dalam rumah kamu bisa mengetahui jika kamu sedang bekerja.

  1. Buat Struktur Aturan Kerja

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Salah satu cara agar kamu tetap fokus bekerja di rumah yaitu dengan membuat struktur aturan kerja. Daftar peraturan yang telah kamu buat tersebut wajib kamu laksanakan agar kamu tetap fokus dalam bekerja ya!

  1. Menyelesaikan Tugas Secara Profesional

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Meskipun bekerja dari rumah, sebagai pekerja yang profesional kamu tetap harus fokus pada tujuan utama untuk menyelesaikan pekerjaanmu secara maksimal dan tetap waktu.

Caranya kamu harus proaktif, tetap fokus dan selalu hindari hal-hal yang bisa mengganggu pekerjaan kamu ya!

  1. Gunakan Aplikasi untuk Koordinasi Tim Secara Remote

Kerja dari Rumah? Siapa Takut! Inilah Tips Produktif WFH

Di era digital sekarang ini, sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan kinerja bersama tim mu secara remote. Kamu bisa cari aplikasi yang sekiranya paling cocok untuk berkoordinasi bersama rekan kerjamu.

Nah, itulah 7 tips produktif WFH yang bisa kamu coba. Meskipun bekerja dari rumah, pastikan tidak mempengaruhi kualitas produktivitas bersama rekan kerja ya!