MILZERU – Siapa disini yang tidak asing dengan informasi virus Corona atau COVID-19 yang tersebar diberbagai media? Apalagi sekarang banyak banget nih isu hoax (berita bohong) yang beredar diberbagai media permberitaan ataupun media sosial di kalangan masyarakat terkait virus COVID-19.

Nah dampak akibat berita hoax yang beredar telah menimbulkan rasa pesimisme dan ketakutan di masyarakat ketika melihat berita di berbagai media elektronik, media cetak, media online, ataupun lini masa media sosial.

Isu mengenai virus COVID-19 yang beredar membuat masyarakat menjadi kebingungan dalam meresap informasi yang dibutuhkan dengan baik dan benar. Bukan hanya itu, banyak juga masyarakat yang menganggap remeh virus COVID-19 dengan dalih agama, sikap politisi yang bertentangan dengan pemerintah, perseteruan dalam penanganan virus COVID-19, hingga pemberitaan perjuangan para tenaga medis yang membuat terharu.

Di waktu bersamaan, masyarakat juga membutuhkan hiburan ditengah situasi yang dianjurkan pemerintah untuk menerapkan kegiatan ‘Social Distancing’ atau pembatasan sosial. Nah, salah satu media yang biasanya digunakan untuk mendapatkan kebutuhan hiburan, masyarakat memanfaatkan media sosial sebagai salah satu alternatif yang aman untuk mendapatkan hiburan ditengah situasi ‘Social Distancing’.

Berbagai kalangan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu wadah untuk menuangkan bakat yang dimiliki, seperti talenta atau lawakan. Hal ini juga dijadikan sebagai ajang untuk menghibur masyarakat ditengah kepanikan dan ketakutan terkait pemberitaan virus COVID-19 yang semakin meluas.

Beberapa komika Indonesia turut berkontribusi untuk menghibur para masyarakat ditengah situasi saat ini, bukan hanya sekedar melawak, namun para komika ini turut menyebarkan informasi terkait pencegahan virus COVID-19 yang dibalut dengan lawakan khas mereka.

Siapa aja ya para komika tersebut? Penasaran kan? Yuk, kepoin artikel ini sampe bawah!  

  1. Abdurrahim Arsyad 

Siapa yang tidak mengenal Abdur? Salah satu komikus yang terkenal dengan gayanya yang unik dalam membuat konten informatif yang berbalut lawakan. Contohnya dalam video ini Abdur menyentil orang-orang yang keras kepala dan berkeras hati dengan tetap beraktivitas diluar rumah dan mengelak untuk mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan ‘Social Distancing’ demi mencegah penyebaran virus COVID-19 yang semakin meluas. 

  1. Bintang Emon 

Salah satu teman komikus Abdur yaitu Bintang Emon juga tak mau ketinggalan untuk membuat konten informatif yang berbalut komedi terkait ‘Social Distancing’ atau membatasi untuk melakukan aktivitas sosial. Konten yang bersifat kritik ini ditujukan kepada masyarakat yang tidak mematuhi peraturan pemerintah untuk melakukan ‘Social Distancing’. Usaha pemerintah ini diterapkan untuk menurunkan kurva virus Corona di Indonesia. 

  1. Fico Fahriza, Ardit Erwanda, Yudha Keling, dkk 

Berbeda dengan teman sejawatnya Abdur dan Bintang Emon, Fico dan kawan-kawannya membuat konten hiburan terkait perseteruan keluarga animasi ‘Nobita’, konten ini banyak direspon positif, seperti tanggapan ucapan terima kasih kepada mereka karena tetap semangat menghibur masyarakat ditengah kondisi yang dominan membuat masyarakat menjadi takut dan panik.