MILZERU –  Inilah 5 Penyebab Kamu Sering Mengantuk, Padahal Sudah Cukup Tidur 

Mengantuk biasanya disebabkan oleh respon tubuh yang lelah, biasanya kita mengantuk ketika lelah bekerja, pulang kuliah, traveling, dan melakukan aktivitas lainya. Dengan tidur yang cukup tubuh kita akan kembali bugar seperti biasa, jika diibaratkan, tidur sama saja dengan mengisi daya dalam tubuh, sama seperti hanphone dan laptop, kedua alat elektronik tersebut bila digunakan terus menerus akan habis baterainya sehingga perlu di cass, sama seperti tubuh kita yang perlu istirahat. 

Namun pernahkah kamu merasa, sudah banyak tidur tetapi masih saja mengantuk? jika kamu termasuk orang yang aktif, hal ini tentu dapat menghambat aktivitasmu, Lantas apa sih penyebabnya? Berikut adalah 5 Penyebab Kamu Sering Mengantuk, Padahal Sudah cukup tidur.

1. Central Sleep Apnea

Inilah Penyebab Kamu Sering Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur

Disaat kita mengalami Central Sleep Apnea, nafas kita akan terhenti sejenak ketika tidur, hal ini disebabkan karena kurangnya oksigen pada otak yang menyebabkan kantuk berlebih. Kondisi ini diperparah dengan rasa sakit di kepala yang akan membuatmu sulit konsentrasi, hal ini tentu beresiko terhadap kesehatan tubuh kamu. Dikhawatirkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, radang otak, dan stroke bisa saja menghampirimu. 

2. Gangguan Mental

Inilah Penyebab Kamu Sering Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur

Jika kamu diterpa masalah sehingga membuatmu stress, deperesi hingga membuat emosi tidak stabil, hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas tidurmu, walaupun durasi tidurmu panjang tentu tidak akan berpengaruh keesokan harinya, kamu akan terus merasakan kantuk di siang hari, oleh karena itu bersikaplah tenang jangan dibawa stress bila ada masalah yang menimpamu. 

3. Nokturia

Inilah Penyebab Kamu Sering Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur

Biasanya waktu tidur yang ideal untuk orang normal adalah 6-8 jam di malam hari, namun berbeda dengan pengidap Nokturia, seorang pengidap Nokturia selalu ingin buang air kecil ketika tidur di malam hari, hal ini juga menjadi gejala dari Nokturia, bila kamu sering buang air kecil di malam hari, ada baiknya kamu segera periksa dirimu ke dokter. 

4. Penyakit Kronis

Inilah Penyebab Kamu Sering Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur

Gangguan tidur yang kamu alami selama ini bisa saja disebabkan oleh penyakit kronis yang kamu idap, salah satunya adalah gangguan sistem peredaran darah, Penyakit jantung, dan gangguan hati, oleh karena itu, mulai sekarang lakukan pola hidup sehat, seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan bernutrisi, dan istirahat yang cukup.

5. Hypersomnia

Inilah Penyebab Kamu Sering Mengantuk Meski Sudah Cukup Tidur

Berbanding terbalik dengan insomnia yang sulit untuk tidur, Hypersomnia justru membuat kamu ingin tidur secara terus menerus, hal ini disebabkan oleh gangguan sistem kerja otak, sehingga sulit untuk berfikir cepat, oleh karena itu kamu perlu menjalani terapi khusus oleh spesialis otak agar sistem kerja otakmu dapat kembali seperti semula. 

Itulah 5 Penyebab Kamu Sering Mengantuk, Padahal sudah cukup tidur. Mulai sekarang agar kamu tidak mengalami gangguan tidur seperti diatas, lakukan pola hidup sehat setiap hari, seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan bernutrisi dan istirahat yang cukup, oke gengs!