MILZERU – Merebaknya wabah virus COVID-19 di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tak menutup kemungkinan banyak masyarakat yang dihantui rasa ketakutan dan kepanikan yang sangat luar biasa akibat wabah virus COVID-19 hingga menyebabkan masyarakat menjadi ‘panic buying’ dan menimbun beberapa barang, seperti masker, hand sanitizer, makanan, dan lain sebagainya. Akibatnya tindakan masyarakat yang menimbun beberapa barang, menyebabkan melonjaknya kenaikan harga pada barang tersebut yang tidak wajar.

Bukan hanya itu, akibatnya melonjaknya harga, terutama pada masker, hand sanitizer, termometer, membuat para petugas medis menjadi kekurangan akan beberapa barang yang sebenarnya sangat dibutuhkan para pekerja medis saat melakukan tindakan sehingga menyebabkan para petugas medis menggunaan barang seadanya saat melakukan tindakan terhadap pasien, terutama yang dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau COVID-19.

Di lain sisi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama juga meminta bantuan para pelaku industri kreatif seperti artis, penyanyi, seniman untuk mengedukasi masyarakat terkait pencegahan virus Corona atau COVID-19. Menurutnya, bantuan ini merupakan bentuk sinergi segala lapisan masyarakat.

"Menangani dampak Covid-19 diperlukan sinergi berbagai sektor kreatif untuk aktif membantu pemerintah mengimbau masyarakat menghadapi Covid-19," tutur Wishnutama dalam memberikan  pernyataan pers secara virtual pada Senin (23/3).

Disaat yang bersamaan, Wishnutama menyadari dan memberikan apresiasinya kepada sejumlah pelaku industri kreatif yang lebih dulu bergerak dalam menyikapi  penyebaran Covid-19 tanpa menunggu arahan dari pemerintah, mulai dari menggelar konser virtual seperti Tompi, Raisa, hingga Achmad Albar supaya masyarakat bisa bertahan di rumah.

Selain dari para selebriti, penyanyi dan komika, beberapa influencer atau selebgram juga ikut turut terlebih dahulu untuk berinisiatif menggalang dana massal untuk membantu penanganan wabah virus Corona atau Covid-19. Hasil pengumpulan dana tersebut dikumpulkan untuk membeli masker, makanan, hingga Alat Pelindung Diri (APD) bagi orang yang membutuhkan, terutama tenaga medis.

Penggalangan dana yang berdasarkan inisiatif dan kemandirian para pelaku industri kreatif tersebut kini telah menghasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah, dan kemudian hasil perolehan yang  dikumpulkan selama beberapa waktu telah disalurkan ke sejumlah pihak, seperti rumah sakit.

Siapa aja ya para selebritis ataupun influencer yang turut berkontribusi untuk aksi penggalangan dana? Yuk, kepoin!

  1. Najwa Shihab 

Siapa disini yang tak kenal Najwa Shihab? Pelaku industri kreatif yang terkenal sebagai seorang multilatent dan menjadi seseorang yang dicintai oleh banyak masyarakat karena kepintarannya. Najwa Shihab telah melakukan kerjasama dengan sejumlah musisi Indonesia untuk melakukan penggalangan dana melalui sebuah pagelaran Konser Musik Viirtual #diRumahAja pada 25-28 Maret mendatang.  

Dalam video unggahan melalui Instagram pribadinya, terlihat sejumlah musisi yang saling bergantian menyanyikan lagu milik Godbless yang berjudul ‘Rumah Kita’. Beberapa penyanyi dan pemain musik yang turut berkontribusi, seperti Achmad Albar, Cholil 'Efek Rumah Kaca,' Raisa, Ariel 'Noah,' Tulus, Kaka 'Slank,' Armand Maulana, Ari Lasso, Dira Sugandi, Afgan, Yura Yunita, Andien, Lea Simanjuntak, Rossa, dan lainnya.

  1. Rachel Vennya 

Salah satu selegram kebanggaan anak millenial, Rachel Vennya telah turut berpartisipasi dalam pencegahan COVID-19 dengan membuka penggalangan dana sejak pekan lalu dan hari ini telah mengumpulkan lebih dari Rp6,3 miliar.

Penggalangan dana yang juga dipublikasikan lewat internet itu, Rachel juga mengatakan hendak menyalurkan bantuan untuk melindungi orang-orang di sektor kesehatan dan informal dari penanganan kasus Covid-19.

  1. Raffi Ahmad & Nagita Slavina 

Pasangan fenomenal selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina pun turut berkontrbusi dengan aktif membuka penggalangan dana lewat portal online penggalangan dana di internet untuk melindungi tenaga medis dan masyarakat dari virus Corona atau COVID-19.

  1. Melanie Subono 

Melanie Subono yang juga membuka bantuan penggalangan dana, yang hendak disalurkan ke Rumah Harapan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan kesehatan.

  1. Cathy Sharon 

Artis cantik Cathy Sharon pun turut membuka penggalangan dana melalui portal online. Penggalangan dana yang dibuka sejak Sabtu (21/03/20) oleh Cathy telah mengumpulkan donasi sebanyak Rp691 juta hingga Senin pagi. Penyalurannya pun tak jauh berbeda dengan yang lain, yaitu untuk alat perlindungan diri bagi petugas medis. .

  1. Atta Halilintar 

YouTuber Atta Halilintar pun menyatakan akan mulai menyalurkan penghasilan dari salurannya di YouTube untuk membantu melawan virus corona Covid 19, pada Jumat (20/03/20). Namun, tidak diketahui secara detail jumlah donasi dan target sasaran mana yang akan diberikan oleh Youtuber yang meraih banyak subcriber di Youtube tersebut.