MILZERU –  Inilah 5 Tips Mengatasi Kecemasan Yang Bisa Kamu Lakukan #Dirumahaja pada saat wfh 

Merebaknya Virus Corona yang baru – baru ini mewabah ke setiap negara, membuat masyarakat cemas akan pandemi tersebut. Bukan hanya itu, akibat dari pandemi virus corona, membuat masyarakat menjadi lebih aware terhadap kebersihan di lingkungan sekitarnya, apalagi pemerintah juga menyarankan masyarakat untuk tidak keluar rumah agar dapat memutus mata rantai virus mematikan tersebut. 

Walaupun pemerintah menghimbau agar selalu menerapkan ‘Work From Home’, hal ini tetap membuat masyarakat cemas, baik cemas akan tertular penyakit tersebut atau cemas akibat dari kejenuhan selama menjalani karantina di rumah. Namun semua itu bisa saja ditangkal dengan mengisi kegiatan yang positif, yang bisa membuatmu bebas dari kecemasan.

Bicara soal cemas, setiap orang tentu pernah mengalami kecemasan, ketika kamu cemas tubuh akan bereaksi, seperti kringat dingin, sakit kepala , sakit perut, hingga sesak nafas, namun hal ini merupakan hal yang normal ketika mengalami kecemasan, namun seringkali sulit dikendalikan, apalagi di tengah wabah virus corona , yang membuat orang mengharuskan untuk stay di rumah.

Dalam kondisi tertentu, reaksi tubuh yang datang ketika cemas adalah hal yang normal, namun perlu kamu ketahui, ada juga kondisi dimana gangguan kecemasan bertahan lebih lama dan datang tanpa ada sebabnya, hingga sulit untuk dikendalikan, oleh karena itu jika kamu merasakan hal tersebut ada baiknya kamu pergi ke psikolog atau psikiater agar kamu dapat penanganan yang sesuai.

Namun jika kecemasan yang kamu alami bisa kamu kendalikan,ada baiknya kamu lakukan berbagai kegiatan yang dapat menghilangkan kecemasanmu di rumah selama menjalani ‘Work From Home’, ada apa saja sihh? Berikut Tips Mengatasi Kecemasan Akibat Wabah Covid-19.

1. Membaca

Ini Dia Tips Mengatasi Kecemasan Akibat Wabah Covid-19

Dengan membaca buku tentu akan membuatmu lebih rileks, apalagi jika buku tersebut berisi hal yang menarik, seperti novel, komik, majalah, dan buku lainya. Dengan membaca buku yang sesuai dengan ketertarikanmu, pastinya kamu akan lupa dengan problematika yang kamu alami, otomastis hal ini dapat mengurangi rasa cemasmu.

2. Lakukan Kegiatan Favoritmu

Ini Dia Tips Mengatasi Kecemasan Akibat Wabah Covid-19

Dengan melakukan kegiatan favoritmu, otomatis kamu akan lupa segalanya, termasuk meminimalisir kecemasan yang kamu alami. kegiatan yang kamu bisa lakukan di rumah seperti bermain game, membaca, mendengarkan musik, nonton film, dan bermain dengan hewan peliharaanmu, atau jika kamu suka menulis, buat saja artikel seperti yang saya lakukan.

3. Menulis/Membuat Konten

Ini Dia Tips Mengatasi Kecemasan Akibat Wabah Covid-19

Kamu bisa  mengurangi kecemasanmu dengan menulis apa saja yang kamu suka, entah itu artikel, jurnal, diary, dan hal lainya, atau jika kamu suka mereview hal menarik, kamu bisa jadikan konten melalui Vlog, baik itu berkaitan dengan pengalaman dan kegiatanmu selama wfh di rumah, atau bekaitan dengan hobby yang kamu lakukan, seperti bermain game favoritmu lalu kamu ulas menjadi sebuah konten yang bermanfaat.

4. Hubungi Teman Atau Keluargamu

Ini Dia Tips Mengatasi Kecemasan Akibat Wabah Covid-19

Bila kamu merasa bosan dan kangen banget dengan teman atau keleluarga kamu, ada baiknya kamu hubungi mereka, apalagi kalau kamu orang rantauan yang jauh dari keluarga, tentunya kamu merasa rindu berat dengan mereka, oleh karena itu langsung saja hubungi mereka, jangan birakan dirimu larut dalam sepi,  apalagi sekarang teknologi semakin canggih, kamu tidak hanya mendengar suara mereka saja tapi kamu bisa melihat langsung wajah mereka melalui video call.

5. Workout

Ini Dia Tips Mengatasi Kecemasan Akibat Wabah Covid-19

Aktivitas Workout merupakan cara yang ampuh untuk mengendalikan kesetabilan mentalmu, walaupun kamu tidak boleh keluar rumah, namun workout bisa dilakukan di rumah kok! apalagi sekarang jaman sudah canggih, kamu bisa mengikuti workout secara online tanpa perlu panas – panasan di luar rumah. 

Itulah 5 Tips mengatasi kecemasan akibat wabah Covid-19, yang bisa kamu lakukan di rumah, gimana gengs? sangat bermanfaat kan? ingat ya, isi wfh kamu dengan hal yang lebih bermanfaat seperti diatas, jangan hanya rebahan aja, justru bila kita terlalu lama rebahan, rasa cemas akan datang menghampirimu.