MILZERU –  7 fakta Hantavirus yang kini menjadi ancaman kedua setelah Covid-19

Di tengah merebaknya virus Corona yang kini menjangkit beberapa negara di dunia, justru muncul kasus virus baru yang bernama hantavirus. Kasus virus ini terjadi pada seorang warga China yang dinyatakan meninggal akibat  terjangkit hantavirus pada Senin (23/3).

Hantavirus atau Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS)  merupakan virus yang berasal dari binatang pengerat seperti tikus. Siapapun yang terjangkit Hantavirus akan mengalami gangguan pernafasan yang parah hingga berdampak fatal bagi kesehatan tubuh manusia, dan dapat berujung kematian. 

Hantavirus sendiri saat ini menjadi ancaman kedua ditengah merebaknya virus corona, lantas seperti apa sih detailnya? berikut adalah 7 fakta Hantavirus yang kini menjadi ancaman kedua setelah Covid-19

1. Berasal Dari Hewan Pengerat (Tikus)

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Hantavirus merupakan virus yang disebarkan langsung oleh binatang pengerat seperti tikus, hingga dapat mengancam manusia melalui persebaranya. Hantavirus sendiri dibagi menjadi dua, yakni hantavirus ‘dunia baru’ dan hantavirus ‘dunia lama’.

Hantavirus dunia baru, dapat menyebabkan gangguan syndrom paru – paru, sedangkan hantavirus ‘dunia lama’ dapat menyebabkan demam berdarah dan gangguan pada ginjal. Oleh karena itu, hantavirus tidak mengenal usia dan jenis kelamin, siapapun bisa saja terjangkit bila melakukan kontak dengan hewan pengerat yang terjangkit ataupun dengan manusia penderita hantavirus tersebut.

2. Sudah Ada Sejak Dulu

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Hantavirus sendiri bukanlah tergolong virus baru, tepatnya sejak perang Korea memuncak pada tahun 1950, Hantavirus pertama kali ditemukan di Korea tepatnya di Sungai Hantan. Menurut seorang Ilmuan asal Swedia Dr Sumaiya Saikh, cara persebaran virus tersebut terjadi bila manusia menelan cairan mereka. 

Hantavirus sendiri tergolong virus pandemic yang tersebar ke berbagai negara, Hantavirus ‘dunia lama’ cinderung ditemukan di kawasan Asia Timur, seperti Russia, Korea, dan China, sedangakan hantavirus ‘dunia baru’ ditemukan di kawasan Amerika, hal ini menyebabkan gangguan sindrom pada paru hantavirus. 

3. Gejala Yang Timbul

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Gejala yang timbul akibat terjangkit hantavirus yakni merasa kelelahan berlebih, nyeri otot pada beberapa bagian tubuh seperti punggung, bahu, pinggul hingga paha. Selain itu penderita akan merasakan demam tinggi serta, keinginan untuk buang air besar layaknya diare. Berbeda dengan Virus Corona, penderita hantavirus akan sulit bernapas, namun tidak akan mengalami flu, dan radang tenggorokan, namun lebih parahnya lagi, penderita akan mengalami kerusakan ginjal.

4. Hantavirus Di Indonesia

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Dikutip detik, Kasus hantavirus sendiri pernah terjadi di Indonesia tepatnya di kota Serang, Banten pada tahun 2009, namun hantavirus yang terjadi di Kota Serang tergolong Hantavirus jenis baru yang dinamakan Hanta Strain Serang atau Serang Virus (SERV). Hantavirus jenis ini ditularkan oleh tikus di salah satu rumah penderita di Kota Serang, Banten.

5. Cara Penularan Hantavirus 

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Persebaran hantavirus sendiri dapat terjadi ketika mengirup udara yang sudah terkontaminasi oleh cairan atau kotoran dari hewan yang terjangkit virus tersebut. Adapun cara lain yang memungkinkan untuk tertular hantavirus, salah satunya jika tikus yang terjangkit, menggigit seseorang, maka orang tersebut ikut terjangkit Hantavirus. 

6. Pengobatan Hantavirus 

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Berbeda dengan covid-19, Penderita hantavirus tidak akan dikarantina ataupun di isolasi, melainkan diberi perawatan intensif seperti penyakit lainya. Jika penderita Hantavirus mengalami gejala yang signifikan, segera temui dokter, karena hantavirus dapat disembuhkan bila pasien mengetahui gejala lebih awal. pasien juga akan diberikan terapi oksigen untuk mengatasi kesulitan pernapasan yang diakibatkan oleh virus tersebut. 

7. Lokasi Beresiko Hantavirus

Corona Belum Reda, Kini Muncul Hantavirus, Ini Faktanya

Perlu diketahui, persebaran Hantavirus berasal dari binatang pengerat alias tikus, oleh karena itu lokasi persebaran hantavirus sendiri  umumnya berada di tempat yang kotor dan kurang bersih, seperti pertenakan, ladang, hutan, maupun area sekitar rumah yang kurang bersih, seperti dapur, dan gorong-gorong.

Itulah 7 fakta Hantavirus yang kini menjadi ancaman kedua setelah Covid-19, oleh karena itu agar tubuh terhindar dari kedua virus tersebut sebaiknya lakukan pola hidup sehat secara rutin, seperti makan makanan bernutrisi, cuci tangan, dan tetap #dirumahaja ya!