MILZERU – Mewabahnya kasus COVID-19 di 83 negara, termasuk Indonesia, semakin menumbuhkan rasa kekhawatiran sebagian besar masyarakat. Penyebarannya yang cepat dan meluas membuat masyarakat dilanda rasa kepanikan berlebih karena takut terinfeksi virus ini.

Dalam hal ini, masyarakat dihimbau agar mengontrol rasa ketakutan agar tidak mengakibatkan penurunan imun pada tubuh! Virus ini dapat dicegah penularannya melalui beberapa langkah, termasuk menjaga daya tahan tubuh kita dan selalu mengutamakan kebersihan. 

Daya tahan tubuh atau antibodi ini sangat penting agar tetap dapat bekerja secara maksimal dalam mencegah virus masuk ke dalam tubuh, termasuk virus Corona atau COVID-19. Berikut adalah beberapa cara mudah dan efektif yang dapat kalian terapkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang kuat dan sehat. Ada apa aja ya? Kepoin yuk!

  1. Hindari stres 

Yuk, Dicoba! 5 Tips Efektif Meningkat Antibodi Dalam Mencegah Virus Covid-19

Stres merupakan ketegangan atau kekacauan yang tak terkendali yang bisa menyebabkan penurunan fungsi kekebalan tubuh, ini sangat memperngaruhi penurunan imun di dalam situasi sekarang. Ketika stres melanda, maka tubuh akan melakukan peningkatan terhadap hormon kortisol sehingga menyebabkan penurun fungsi kekebalan tubuh. Kalian harus mengatur pola pikir dengan baik mulai sekarang agar terhindar dari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

  1. Mengatur pola makan yang sehat dan teratur 

Yuk, Dicoba! 5 Tips Efektif Meningkat Antibodi Dalam Mencegah Virus Covid-19

Anda mungkin seorang yang pekerja keras sehingga membuat anda mempunyai waktu yang terbatas dan membuat anda menggunakan waktu tersebut dengan baik untuk keberhasilan pekerjaan anda. Namu ingatlah, sesesibuk apapun aktivitas kamu, luangkanlah waktu untuk makan untuk menjaga kestabilan tubuh.

Makanan-makanan sehat sangatlah dianjurkan untuk mendukung asupan tubuh yang sehat dan kuat. Selain itu, kandungan vitamin A, C, E, antioksida dan mineral menjadi acuan pelengkap nutrisi di dalam tubuh karena hal itu sangat dapat membantu menjaga kekebalan tubuh kita dari penyakit.

  1. Minum air putih 

Yuk, Dicoba! 5 Tips Efektif Meningkat Antibodi Dalam Mencegah Virus Covid-19

Mengonsumsi air putih secara berkala setiap harinya, juga bisa membantu kita dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan air putih 2 liter/hari, cukup membantu imun kita menjadi kuat dan juga dapat memberikan banyak manfaat bagi organ tubuh yang lain, seperti ginjal dan hati. Bukan hanya itu, minum air putih juga dapat membantu kita untuk melakukan detox di dalam tubuh. Kalian jangan males minum air putih ya!

  1. Istirahat yang cukup 

Yuk, Dicoba! 5 Tips Efektif Meningkat Antibodi Dalam Mencegah Virus Covid-19

Durasi tidur yang cukup harus diperhatikan, meskipun aktivitas kamu begitu padat, ternyata kurangnya durasi tidur, sangat memungkinkan bakteri dan virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh karena lemahnya sistem pertahanan tubuh. Maka dari itu, pastikan durasi tidur kamu sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, orang dewasa disarankan untuk tidur dengan durasi selam 7-8 jam dan remaja 9-10 jam untuk tidur yang cukup. 

  1. Rajin mengonsumsi vitamin 

Yuk, Dicoba! 5 Tips Efektif Meningkat Antibodi Dalam Mencegah Virus Covid-19

Kamu bisa mengonsumsi paprika merah, paprika kuning, jeruk, jambu biji dan juga pepaya untuk sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. bukan hanya vitamin C, kalian juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin D, B, dan kalsium, terutama di situasi saat ini. Vitamin yang dikenal dengan nama lain asam askorbat ini sangat bagus untuk kekebalan tubuh karena mampu merangsang sistem imun untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa langkah dalam meningkatkan kekebalan imun di dalam tubuh. Hal ini sangat disarankan agar membantu  kamu untuk tetap menjaga kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan tubuh kalian ya gengs!