MILZERU –  6 Mitos Umum Seputar Virus Corona, Yang Mungkin Kamu Yakini Kebenaranya

Beberapa hari terakhir, jumlah kasus virus corona atau Covid-19, terus melonjak naik, hari demi hari kian melonjak baik jumlah yang positif hingga jumlah penderita yang meninggal, hal ini menjadikan seluruh dunia memberlakukan tanggap darurat Corona, Termasuk Indonesia, sehingga semua tempat – tempat publik yang mengundang keraamaian berhenti beroperasi.

Merebaknya pandemi covid-19 tentu tidak bisa dianggap sepele, dikutip data WHO, jumlah kasus Covid-19 di seluruh dunia saat ini berjumlah 465.915 jiwa dengan jumlah kematian sebesar 21.031 jiwa, hal ini tentunya sudah menjadi wabah bencana terparah didunia, hingga perlu penanganan khusus untuk mengatasinya, sayangnya jumlah kasus Covid-19 justru tidak pernah menurun setiap harinya. 

Disisi lain, justru terdapat mitos dibalik wabah virus Corona, beberapa mitos yang beredar di masyarakat, baik di dunia maupun di Indonesia, banyak yang meyakini kebenaranya, dan bahkan sampai melakukan apa yang ada dalam mitos tersebut, lantas apa sajakah mitosnya? berikut adalah 6 mitos umum seputar covid-19 yang mungkin kamu yakini kebenaranya. 

1. Hand Sanitizer Ampuh Membunuh Virus Corona

Percaya atau Tidak, Inilah Mitos Umum Seputar Virus Corona

Beberapa orang menganggap bahwa Hand Sanitizer ampuh membunuh Covid-19, namun bukan berarti hand sanitizer menghilangkan Virus corona sepenuhnya dari tangan kamu, hal ini karena Hand sanitizer hanya menjadi alternatif bila tidak ada air di sekitarmu, oleh karena itu cuci tangan yang teratur dengan sabun sehingga tangan kamu bebas dari virus Corona. 

2. Obat Antibiotik Mampu Membunuh Virus Corona

Percaya atau Tidak, Inilah Mitos Umum Seputar Virus Corona

Pada dasarnya obat antibiotik bukanlah solusi untuk membunuh virus corona, melainkan obat antibiotik hanya  sebatas membunuh bakteri dalam tubuh, oleh karena itu bila kamu terinfeksi virus corona, obat antibiotik hanya dapat mencegah pertumbuhan bakteri agar tidak terus menyebar. 

3. Air Panas Ampuh Matikan Virus Corona

Percaya atau Tidak, Inilah Mitos Umum Seputar Virus Corona

Walaupun air panas memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, namun air panas tidak mampu mengurangi resiko penularan Covid-19, hal ini karena virus berada didalam sel tubuh yang tidak bisa dijangkau oleh air panas, jadi percumah saja bila kamu berlama –lama mandi air panas.

4. Nyamuk Bisa Menularkan Virus Corona

Percaya atau Tidak, Inilah Mitos Umum Seputar Virus Corona

Beberapa orang menganggap bahwa nyamuk dapat menyebarkan virus corona melalui gigitanya, namun hingga saat ini belum ada kasus Covid-19 yang ditularkan langsung melalui nyamuk.

5. Hanya Lansia Yang Beresiko Terjangkit Virus Corona

Percaya atau Tidak, Inilah Mitos Umum Seputar Virus Corona

Kebanyakan anak muda menganggap bahwa mereka kebal  terhadap virus Corona,  mereka beralasan bahwa virus Corona hanya membahayakan kaum lansia saja, padahal faktanya bukan hanya kaum lansia saja yang rentan terserang virus corona namun semua umur yang memiliki riwayat Asma dan sakit Jantung justru lebih rentan terserang virus Corona. 

6. Disinfektan Dapat Mencegah Penularan Virus Corona

Percaya atau Tidak, Inilah Mitos Umum Seputar Virus Corona

Saat ini dinas kebersihan kota sedang gencar – gencarnya menyemprotkan disinfektan ke beberapa fasilitas publik, Tidak jarang mereka juga menyemprotkan disinfektan ke tubuh orang sekitar, namun sebenarnya pengguanaan disinfektan tentu tidak boleh sembarangan, butuh pengawasan dari para ahli terkait penggunaan disinfektan, apalagi terdapat bagian tubuh manusia yang tidak boleh terkena disinfektan, seperti mata, hidung, dan mulut. 

Itulah 6 Mitos umum seputar virus corona yang mungkin kamu yakini kebenaranya, maka dari itu agar terhindar dari virus corona, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan tubuh dan konsumsi asupan bernutrisi, serta ikuti anjuran pemerintah untuk tetap #dirumahaja ya!