MILZERU – Akhir-akhir ini, minuman kekinian Dalgona Coffee sedang viral di kalangan pencinta kuliner. Dalgona Coffee awalnya muncul di negeri Korea Selatan. Saat tidak bisa keluar rumah untuk nongkrong di kafe akibat aturan physical distancing dan harus #DiRumahAja, netizen dari berbagai belahan dunia tak kehabisan akal. Belakangan, menu kopi Dalgona atau Dalgona Coffee menjadi viral di media sosial sebagai alternatif menghadirkan kopi ala kafe di rumah.

Dalgona Coffee adalah kopi kreasi yang berasal dari Korea Selatan. Dari segi tampilan, kopi ini kental, berbusa seperti whip cream dan dibawahnya diberi susu putih serta es batu. Resep ini menjadi viral selain karena rasanya yang dinilai enak, juga karena cara pembuatannya yang relatif sederhana. Namun meski cara membuatnya mudah, Dalgona Coffee tetap memiliki ciri khas, yaitu adanya busa tebal dan kental di bagian atas minuman. Rasanya manis dan memiliki tekstur seperti spons. Karena minuman berkafein ini dibuat menyerupai busa atau spons yang tebal, maka kopi ini dinamakan sebagai Dalgona Coffee.

Jika ingin mencoba membuat Dalgona Coffee, kalian bisa berkreasi sendiri di rumah lho, gengs! Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Dalgona Coffee:

  • 2 sdm kopi bubuk instan tanpa ampas (tidak disarankan memakai bubuk kopi yang sudah ada gula atau krimernya, apalagi yang 3 in 1)
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm air panas
  • Setengah gelas susu UHT cair
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Dalgona Coffee:

  • Campurkan kopi bubuk, gula pasir, dan air panas
  • Kocok dengan mixer  hingga kental dan berbusa (kocok manual dengan sendok atau garpu sebanyak 400 kali jika tidak ada mixer)
  • Setelah kopi berubah menjadi busa yang mengembang dan kental, siapkan gelas yang sudah diisi susu dan es batu
  • Lalu, tambahkan foam dalgona yang telah dibuat di atas susu (kalian juga dapat menikmati kopi ini dengan mengaduk dalgona hingga larut bersama susu)
  • Dalgona Coffee siap dinikmati!

Dalgona Coffee Untuk #DiRumahAja

Saat foam masuk kedalam mulut rasanya seperti makan whip cream yang sangat padat. Rasanya seperti kopi, pahit dan manis bercampur menjadi satu. Lalu bercampur dengan susu segar, yang menambah cita rasa creamy ringan.

Rasa Dalgona Coffee tidak berbeda jauh dengan kopi susu yang terbuat dari kopi instan. Namun sensasi baru dalam menyantap kopi akan kalian rasakan, karena Dalgona Coffee sangat cocok untuk menemani berbagai aktivitas saat #DiRumahAja apalagi saat pandemi virus Corona sembari menjalani physical distancing.

Selamat mencoba, gengs!

Dalgona Coffee Untuk #DiRumahAja