MILZERU –  Inilah Aplikasi Karya Mahasiswa UI, End Corona Diklaim Ampuh Deteksi Resiko Covid-19 

Ditengah maraknya wabah Covid-19 atau virus corona, membuat mahasiswa Universitas Indonesia menciptakan suatu inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat, End Corona, Aplikasi karya Mahasiswa UI ini diklaim mampu menjadi solusi deteksi virus corona.

Aplikasi End Corona juga sudah disetujui oleh Platfrom penyedia Asesmen Resiko virus corona yang diluncurkan guna membantu masyarakat secara mandiri untuk mengetahui apakah mereka beresiko terjangkit virus corona atau tidak. End corona merupakan hasil kerja sama mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dengan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (FASIKOMUI).

End Corona sebelumnya pertama kali dirilis pada 28 Februari 2020, melalui media sosial Instagram, kemudian hingga saat ini berlanjut ke pengembangan yang beranggotakan sebanyak 16 orang.

End Corona, Aplikasi Karya Mahasiswa UI, Solusi Deteksi Covid-19

Penciptaan Aplikasi End Corona didasari terhadap kekhawatiran masyarakat akan virus Corona yang terus melonjak naik setiap harinya, hal ini membuat masyarakat bertanya- tanya apakah mereka beresiko terpapar virus corona atau tidak, maka dari itu munculah ide untuk menciptakan suatu aplikasi yang dapat memecahkan masalah untuk mengatasi keraguan masyarakat terhadap virus corona.  

End Corona memiliki fitur yang mampu membantu masyarakat guna mengetahui tingkat resiko Covid-19. Dengan aplikasi End Corona masyarakat dapat mengetahui kondisi diri sendiri mengenai resiko mengalami Covid-19. 

Melalui Teleconfrerence di kanal Youtube Medicine UI, Ari Fahrisal Syam, Dekan FKUI, memberikan aspirasi terhadap aplikasi karya mahasiswa UI ini. Menurutnya mereka (Mahasiswa UI) telah berkontribusi kepada masyarakat dengan membantu memecahkan masalah yang saat ini dialami oleh masyarakat terkait dengan peredaran Virus Corona.

Selain itu, Aplikasi End Corona bukan hanya membantu masyarakat mendeteksi resiko terpapar Covid-19 saja, namun aplikasi karya Mahasiswa UI ini juga dapat menjadi wadah edukasi serta informasi anti hoax terkait virus corona. Aplikasi End Corona juga menyediakan kontak dokter yang dapat dihubungi bila diperlukan,

Penggunaan Aplikasi End Corona

Aplikasi End Corona dapat diakes melalui ponsel atau komputer, dengan mengunjungi website endcorona.fk.ui.ac.id dan endcorona.id. atau dapat mengunduhnya melalui play store

End Corona, Aplikasi Karya Mahasiswa UI, Solusi Deteksi Covid-19

Penggunaan aplikasi End Corona tidaklah sulit, Pengguna dapat mengisi asesmen sebanyak 10 -11 pertanyaan, kemudian hasil dari asesmen tersebut dapat diketahui secara cepat sekitar 2-3 menit. Asesmen ini digunakan untuk mengetahui kategori kerentatan yang dialami pengguna, Kategori tersebut terdiri dari resiko Rendah, hati – hati, rentan, dan sangat rentan.

Setelah mendapatkan hasil asesmen tersebut, pengguna langsung diarahkan ke nomor Whats’app Helpine FKUI agar mendapatkan arahan untuk melakukan apa saja yang harus dilakukan sesuai dengan tingkat kategori resiko yang pengguna alami.