MILZERU – Jakarta merupakan salah satu kota yang identik dengan kemacetan. Ya, bagi kalian warga ibu kota tentu tidak kaget lagi dengan suasana Jakarta di setiap harinya yang selalu dihiasi dengan kemacetan. Terlebih lagi saat jam berangkat dan pulang kerja, bisa dijamin kalian akan melihat ‘pemandangan’  yang selalu menghiasi di jalan-jalan besar Jakarta.

Berbagai usaha telah dilakukan pemerintah sendiri untuk mengurai kemacetan namun nampaknya tak cukup signifikan. Eits, tapi tunggu dulu, ternyata ada momen yang cukup ampuh membuat Jakarta terbebas dari kemacetan loh. Momen tersebut adalah semenjak hadirnya pandemi Covid-19 ke Indonesia.

Semenjak semakin meningkatnya data orang yang terkena positif terinfeksi Covid-19, pemerintah mengambil tindakan dengan memberlakukan ‘social distancing’ atau menerapkan batasan sosial. Keputusan ini dilakukan sebagai langkah memutus rantai penyebaran Covid-19 sehingga membuat situasi lalu lintas di Jakarta masih terpantau sepi di sejumlah titik wilayah.

Ditambah, beberapa perusahaan telah melakukan langkah pencegahan Covid-19 sekaligus mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH). Langkah ini tertuang dalam Seruan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 6 Tahun 2020, yang berisi imbauan untuk menghentikan kegiatan perkantoran. Hal ini tentunya semakin membuat pemandangan ibukota semakin terlihat berbeda dari biasanya.

Mewabahnya Covid-19, Situasi Jakarta Yang Ditinggal Penghuninya

Nggak percaya? Yuk, kepoin hasil foto dari @aryoseko yang memperlihatkan situasi Ibukota Jakarta!

  1. MRT Nampak Sepi Tanpa Penumpang 

Mewabahnya Covid-19, Situasi Jakarta Yang Ditinggal Penghuninya

Semenjak diberlakukan WFH, jumlah penumpang kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mengalami penurunan. Hal itu disebabkan oleh Ibu Kota yang sudah ditinggal penghuninya untuk menjalankan WFH.

  1. Tak Ada Yang Menyambut Patung Selamat Datang 

Mewabahnya Covid-19, Situasi Jakarta Yang Ditinggal Penghuninya

Patung Selamat Datang yang berada di Bundara HI ini, tak pernah terpantau sepi dari penghuni Ibu Kota, bahkan tak terlihat ada penghuni yang biasanya akan menyempatkan diri untuk berfoto dengan Patung Selamat Datang. Momen langka ini terjadi semenjak diberlakukannya social distancing yang mengajak masyarakatnya untuk #dirumahaja.  

  1. Jalan Prokol  Yang Kosong 

Mewabahnya Covid-19, Situasi Jakarta Yang Ditinggal Penghuninya

Lengangnya sepanjang jalan Sudirman hingga Jalan M.H. Thamrin membuat momen langkah ini banyak dimanfaatkan sejumlah warga untuk membuat konten foto di tengah-tengah jalan. Eits,tunggu dulu, ternyata menggunakan jalan raya di luar fungsinya harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari pihak kepolisian.