MILZERU –  6 Aplikasi Video Call Online Yang Aman Tanpa Khawatir privasi disalahgunakan.

Di tengah mewabahnya virus corona yang dialami oleh beberapa negara di dunia, membuat pemerintah menutup tempat ramai seperti sekolah, kantor dan tempat publik lainya, agar dapat memutus mata rantai persebaran virus corona, hal ini juga didukung dengan sistem work from home yang memungkinkan orang untuk bekerja di rumah masing – masing.

Bukan hanya kantor dan tempat kerja saja yang menerapkan sistem work from home, namun pandemi corona juga berimbas kepada dunia pendidikan. Hampir seluruh sekolah maupun Universitas mengubah tata cara pembelajaranya menjadi Online melalui video conference.

Bicara Soal Video Conference yang saat ini banyak digunakan oleh warganet, tentu tidak lepas dari peranan aplikasi penunjangnya, salah satunya adalah Zoom. Kepopuleran platform video Conference zoom semakin naik karena banya digunakan orang dari berbagai  belahan dunia akibat terjadinya pandemi corona, aplikasi ini memungkinkan mengadakan pertemuan, atau tatap muka secara online.

Namun dibalik kepopuleran Aplikasi Zoom, justru menjadikanya sebagai target incaran para Hacker, sehingga membuat aplikasi tersebut tidak aman bagi privasi penggunanya.

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Hal ini juga diungkapkan langsung oleh CEO Zoom, Eric Yuan yang menyatakan bahwa aplikasinya tersebut tidak sepenuhnya aman, namun beberapa bulan kedepan ia berjanji untuk menyelesaikan masalah privasi penggunanya.

Sebelumnya penggunaan zoom juga sempat di larang di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, salah satunya adalah departemen pendidikan New York yang mengharamkan penggunaan aplikasi Zoom bagi pengajar saat melakukan pembelajaran online bersama siswanya, hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap penyalah gunaa privasi terhadap siswanya. 

Dilansir dari laporan Check Point, setidaknya ada 1.700 domain Zoom tiruan yang terdaftar sejak pertama kali virus corona merebak. sekitar 25% dari domain tiruan tersebut, hanya terdaftar dalam kurun waktu seminggu terakhir, hal ini juga didukung oleh temuan peneliti keamanan siber yang mengkonfirmasi sekitar 70 domainn yang terdaftar justru digunakan untuk kejahatan.

Domain palsu tersebut dapat mengancam privasi pengguna Zoom, hal ini karena domain  tersebut banyak digunakan untuk situs web phishing agar  hacker dapat mencuri informasi pribadi pengguna tanpa diketahui oleh pengguna itu sendiri.

Meskipun begitu masih banyak aplikasi teleconference alternatif yang aman digunakan, lantas aplikasi apa sajakah itu? berikut 6 aplikasi alternatif Video Call online yang bisa kamu manfaatkan tanpa khawatir privasi kamu disalahgunakan.

1. Skype

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Aplikasi yang diluncurkan oleh Microsoft grup ini dapat digunakan melalui perangkat apa saja, seperti PC, maupun smartphone. Aplikasi Skype sendiri mampu mengumpulkan 25 orang dalam satu panggilan. selain itu aplikasi Skype juga dapat menampilkan video jarak jauh, tapi jika ingin berbicara pribadi, Skype menyediakan media percakapan berbasis teks secara pribadi maupun grup. kemudian seperti telepon pada umumnya Aplikasi Skype juga dapat menerima panggilan suara berbayar ke nomor ponsel ataupun nomor rumah. 

2. Whats App

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Aplikasi satu ini tentu banyak digunakan untuk chatting maupun video call. Dengan video call Whats App, pengguna dapat mengadakan diskusi dengan teman lainya namun hanya dibatasi sebanyak 4 orang saja. What’s App sendiri dapat diunduh melalui Smartphone ataupun PC, namun hanya berlaku untuk PC dengan sistem operasi Windows 10.

3. FaceTime

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Aplikasi Facetime mampu menampung sekitar 32 orang dalam satu panggilan video call, hal ini tentunya melebihi kapasitas yang dimiliki oleh skype yang hanya mampu menampung 25 orang. Sayangnya aplikasi Facetime hanya bisa digunakan di produk Apple saja, seperti  Macbook, Ipod, Ipod Touch, Ipad, dan Iphone.

4. Cisco Webex

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Walaupun terdengar asing namun Cisco Webex dapat menampung sekitar 100 orang dalam satu panggilan video. Cisco Webex memiliki fitur yang melimpah, dengan dukungan Google Assitant dan Google Hub, aplikasi ini dapat menampilkan fitur papan virtual untukk menggambar dan merekam percakapan video. selain itu Cisco Webex juga dapat digunakan di PC, android, dan IOS.

5. Slack 

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Seperti Cisco, Aplikasi Slack juga tak kalah asingnya bila didengar, hal ini karena aplikasi Slack lebih banyak digunakan di ruang lingkup perusahaan, fitur yang dimiliki juga standar saja, dengan slack kamu bisa berbagi dokumen dan melakukan panggilan video, selain itu aplikasi ini dapat menampung sekitar 15 orang dalam satu panggilan.   

6. Google Hangout 

Makin Poluler, Aplikasi Zoom Tidaklah Aman! Ini Alternatifnya

Aplikasi yang dimiliki google ini mampu menampung sekitar 250 orang dalam satu panggilan video, hal ini menjadi aplikasi video call yang paling banyak menampung orang lebih banyak dari aplikasi video call lainya. Google Hangout juga memiliki fitur yang dimiliki oleh google seperti text to speech dan jadwal meeting yang terkoneksi dengan Google Calender. Aplikasi ini dapat diunduh melalui PC, Android, maupun Perangkat Apple.

itulah 6 Aplikasi Video Call Online yang aman tanpa khawatir privasi disalahgunakan. maka dari itu bijaklah menggunakanya dan maksimalkan sesuai dengan kebutuhanmu, semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita dapat dipertemukan kembali tanpa dihalangi lagi oleh layar proyeksi.