MILZERU – Penyanyi legendaris Glenn Fredly menghembuskan nafas terakhirnya di usia 44 tahun. Penyanyi bersuara manis tersebut meninggal di Rumah Sakit Mitra fatmawati, Jakarta Selatan pada pukul 18.00 WIB.Kepergian Glenn Fredly ini di sebabkan karena sakit radang selaput otak atau meningitis yang ia derita selama ini.

Apa sih Meningitis itu?

Meningitis merupakan penyakit yang menyebabkan pembengkakan pada meninges, yakni membrane yang membungkus otak dan tulang belakang. Penyebab utama dari meningitis adalah infeksi, baik itu di sebabkan oleh virus atau bakteri. Karena radang ini disebabkan oleh virus dan bakteri, kondisi in sangat menular dan dapat berpindah dengan mudah melalui hubungan langsung, bersinm dan juga batuk.Meningitis ini bisa terjadi pada anak-anak dan juga orang dewasa.

Adapun gejala meningitis pada bayi atau pun anak-anak biasa nya mengalami penurunan nafsu makan, mudah marah, sering mengantuk, lesu dan juga demam, sednagkan gejala yang terjadi pada orang dewasa adalah sakit kepala, demam, leher kaku, mengalami kejang, mudah mengantuk, sensitive pada cahaya, mual dan muntah.

Meningitis bisa di sembuhkan dengan pengobatan tergantung dari jenis penyakitnya.

Meningitis yang disebabkan oleh Bakteri.

Bisa di tangani dengan penggunaan antibiotic dan pengobatan steroid yang disebut deksametason. Kondisi ini perlu penangan di rumah sakit, jadi pembatasan pasian diperlukan dan bisa mengawasi apabila gejala seperti kejang-kejang, hilangnya pendengaran atau kerusakan pada otak terjadi.

Meningitis yang disebabkan oleh virus.

Bisa di obati tanpa harus kerumah sakit, dengan pengobatan untuk meredkan nyeri dan menurunka panas demam. Pasien mungkin akan mengalami gejala selama kurang lebih dua minggu sebelum pengobatan tersebut selesai. Pasien juga disarankan untuk minum banyak cairan agar tubuh dapat membuang virus secara cepat. 

Meningitis jamur
Mirip dengan meningitis bakteri, meningitis jamur juga tergolong kasus yang langka. Meningitis ini terjadi setelah infeksi jamur yang sudah ada pada tubuh menyebar ke otak atau tulang belakang. Beberapa jamur yang ditemukan menjadi penyebab meningitis ini, yaitu Cryptococcus, Histoplasma, Blastomyces, Coccidioides, dan Candida.
Faktor lain yang juga bisa menyebabkan penyakit meningitis, yaitu cedera kepala, operasi otak, lupus, dan berbagai jenis obat-obatan.

Untuk menghindari penyakit Meningitis, kita bisa melakukan beberapa vaksin seperti 

Vaksinasi juga dapat melindungi diri dari jenis meningitis tertentu. Vaksin yang dapat mencegah meningitis meliputi:

- Vaksin Haemophilus influenzae type B (Hib) 
- Vaksin pneumococcal conjugate 
- Vaksin meningococcal