MILZERU – Melonjaknya harga masker yang tak masuk akal, membuat sebagian masyarakat memutar otak untuk membuat masker sendiri dari bahan kain. Berbagai media online dan media sosial pun meramaikan tutorial ‘bagaimana cara membuat masker kain’, sehingga tak menutup kemungkinan banyak menarik perhatian masyarakat untuk mencoba dan mempraktekkannya secara langsung, baik untuk penggunaan pribadi ataupun dijadikan peluang bisnis.

Namun,  tahukah kalian? Sekian banyak tutorial pembuatan masker kain masih banyak yang salah dan melewatkan beberapa hal yang sebenarnya langkah tersebut perlu diperhatikan sehingga mengurang efektivitas pemakaiannya.

Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam pembuatan masker kain yang sering tidak diperhatikan, ada apa aja ya? Kepoin yuk!

  1. Warna Polos 

Masker Kain Populer, Inilah 4 Kesalahan Dalam Membuatnya!

Menurut Johns Hopkins Medicine asal AS, menyatakan bahwa panduan pembuatan masker kain tidak boleh menggunakan warna polos dan harus dihindari, khususnya warna biru dan putih polos. Mengapa? Karena warna polos menyerupai masker bedah sekali pakai.

Tentunya, hal ini dapat menimbulkan kebingungan bagi penggunanya, khususnya jika bentuk, ukuran, serta jenis kain sangat mirip dengan masker bedah. Jadi, sebaiknya masker kain disarankan menggunakan kain bermotif dalam pembuatannya.

  1. Warna Sisi Luar dan Dalam Masker Sama 

Masker Kain Populer, Inilah 4 Kesalahan Dalam Membuatnya!

Kejadian yang sering kali terjadi adalah masih banyak masker yang memiliki warna atau motif yang sama, baik sisi luar ataupun dalam. Hal ini tentunya tidak disarankan karena pengguna bisa saja salah menggunakan sisi luar untuk bagian dalam ataupun sebaliknya.

Jika masker masih bersih, mungkin tidak masalah. Namun, jika masker tersebut telah digunakan lalu terpaksa dilepas untuk beberapa melanjutkan aktivitas, seperti makan. Kemudian masker tersebut dipakai kembali, tentunya akan menjadi masalah, karena sisi luar masker yang penuh virus pun akan berpindah ke wajah. Hal ini sangat berbahaya. Jadi, sebaiknya pilih atau buat masker dengan motif berbeda antara luar dan dalam atau diberikan simbol sebagai penanda sehingga Anda tidak perlu mengamati sisi bagian mana yang telah terpakai.

  1. Ukuran 

Masker Kain Populer, Inilah 4 Kesalahan Dalam Membuatnya!

Biasanya, banyak orang mencari harga termurah saat membeli barang, termasuk saat membeli masker kain. Tanpa disadari, ternyata masker tersebut dijual murah karena ukurannya yang terlalu kecil sehingga kurang maksimal melindungi diri kalian dari virus.

Hal ini sering dijumpai pada masker yang bentuknya menyerupai masker bedah, ukuran masker bedah kurang lebih 17,5 x 9,5 cm dengan lipatan (pleats) agar masker dapat ditarik menjangkau dagu. Namun, jika masker tidak terdapat sisi lipatan, dapat disarankan lebih baik anda mempertimbangkan dahulu ukurannya sebelum membeli atau disarankan membeli masker yang berukuran lebih besar.

  1. Kain Terlalu Tipis 

Masker Kain Populer, Inilah 4 Kesalahan Dalam Membuatnya!

Menurut standar pemerintah, salah satu standar masker adalah tiga lapis. Namun, masih banyak disayangkan, tak sedikit pembuata masker masih menggunakan selembar kain tipis sehingga fungsi perlindungan masih kurang maksimal.

Sebenarnya, tebal tipis kain bukan sebagai acuan yang utama, melainkan kerapatan struktur serat kainnya. Contoh perumpaan yang nyata adalah syal rajut memang tebal, tapi jarak kerapatan benangnya bisa dilihat sangat longgar sehingga tidak ideal dijadikan masker. Karena sedikit sulit dalam mengetahui kerapatan masker, sangat disarankan untuk memililih masker dengan kain berlapis.

Berikut merupakan Tips memilih masker yang baik dan benar: 

Masker Kain Populer, Inilah 4 Kesalahan Dalam Membuatnya!
  1. Dianjurkan untuk tidak tergoda harga murah. Memilih harga murah memang tidak ada yang meralang, namun jika kalian dapat memastikan bahwa detail masker tersebut baik dan tepat untuk fungsinya. Terutama, pastikan masker kain yang dibuat menggunakan standar yang berlaku. Jika membeli online, lihat foto detail asli dan spesifikasi dari hasil penilaian pembeli sebelumnya dan jangan ragu untuk bertanya kepada penjual untuk info lebih detail.
  1. Jika membeli langsung, teliti terlebih dahulu detail keseluruhan masker, dari mulai kondisi masker, penggunaan bahan, ketebalan, jahitan, dan ukuran. Sehingga fungsi masker tersebut menjadi efektif saat digunakan.

Jika kalian ingin puas dengan hasil masker, anda bisa mencoba untuk membuat sendiri dengan kain perca ataupun sapu tangan lebar lho! Hal terpenting adalah ikuti panduan sesuai standar ya, sehingga masker yang kamu buat sendiri aman dan fungsi dari masker sesungguhnya pun efektif saat dipakai.