MILZERU –  Mengintip Sisi Positif Merasa Bosan yang Jarang Diketahui

Salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19 yakni dengan melakukan karantina mandiri di rumah saja. Dan mungkin sebagian besar dari kamu sudah mulai bosan atau jenuh. Namun, tidak banyak yang tahu kalau merasa jenuh juga ada sisi positifnya lho.

Kira-kira apa saja sisi positif merasa bosan yang belum banyak diketahui orang? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Jiwa Sosial

Mulai Bosan? Ini Dia Sisi positif Merasa Bosan saat Karantina Covid-19

Berdasarkan penelitian mengatakan jika rasa jenuh yang dialami di tengah wabah Covid-19 bisa meningkatkan jiwa sosial seseorang untuk lebih berempati terhadap orang lain terutama bagi yang membutuhkan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Wijnand van Tilburg yang berasal dari Universitas Limerick bahwa jika kita jenuh maka akan cenderung merasa bahwa perbuatan kita tidak bermakna. Alasan itulah yang mendorong seseorang untuk bisa berkontribusi ke dalam kegiatan sosial.

Sebab, jika kamu merasa menjadi seseorang yang kurang berarti, maka kamu akan cenderung melibatkan melakukan hal-hal yang bisa membuatmu merasa lebih bermakna lagi.

Sehingga di tengah kebosanan ini, seseorang cenderung lebih mengutamakan kegiatan yang mungkin kurang menarik namun sangat penting seperti berdonasi, dan lainnya ketimbang hal-hal yang dianggap menyenangkan lainnya.

2. Mendorong Kreativitas Seseorang

Mulai Bosan? Ini Dia Sisi positif Merasa Bosan saat Karantina Covid-19

Tidak hanya dapat meningkatkan jiwa sosial untuk bisa ikut berkontribusi dalam kegiatan yang lebih bermakna. Kebosanan juga bisa mendorongmu agar lebih kreatif. Salah satu pelatih mengenai kehidupan, Adrian Savage, mengatakan bahwa rasa jenuh dapat memacu otak agar berefleksi.

Dan tahukah kamu bahwa kreativitas yang timbul akibat kebosanan ini bukanlah hal baru dan telah dipraktekkan hingga ribuan kali oleh para seniman.

Hal ini juga dikatakan oleh dosen ahli psikologi universitas Central Lancashire di Inggris bahwa kebosanan merupakan pencarian akibat adanya stimulasi dari saraf yang merasa kurang puas.

Dan apabila tidak ada stimulasi maka secara otomatis otak kita akan memicu munculnya sesuatu agar terciptanya sesuatu. Sehingga hal ini dapat meningkatkan kemampuan kita dalam memecahkan persoalan di saat kita jenuh, caranya dengan membolehkan pikiran berkelana.

Maka tidak mengherankan jika kita jenuh sering menemukan jalan keluar atau ide-ide segar yang mengejutkan.

3. Berusaha Mencoba Hal-hal Baru

Mulai Bosan? Ini Dia Sisi positif Merasa Bosan saat Karantina Covid-19

Kebanyakan dari kita ketika merasa jenuh, ingin menghilangkan rasa tersebut dengan cara berusaha untuk melakukan hal-hal baru. Misalnya saja mencoba olahraga baru yang lebih menantang, melakukan aktivitas yang jarang kita lakukan, dan lainnya.

Nah itulah sisi positif merasa bosan di saat karantina akibat virus Covid-19 tengah menyerang Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sudah mulai jenuh dengan hanya di rumah saja.