MILZERU – Apakah kamu sudah menonton Korean Drama ‘Itaewon Class’? Drama yang tayang di stasiun TV Korea JTBC dan layanan streaming Netflix ini cukup memiliki banyak penggemar lho. 

Drama Korea ‘Itaewon Class’ (2020) mengisahkan perjuangan hidup Park Seo-Ro-Yi dan teman-temannya dalam mengembangkan bisnis restorannya di Itaewon, Seoul. Drama yang diperankan oleh Park Seo Joon (sebagai Park Sae Ro Yi) dan Kim Da Mi (sebagai Jo Yi Seo) ini berhasil mengalami kenaikan peringkat di setiap episodenya.

Puncaknya di episode terakhir, ‘Itaewon Class’ berhasil meraih 16,548 persen untuk rating nasional di Korea dan 18,328 persen untuk rating di kawasan Seoul. 

Itaewon Class Sukses, Inilah Pelajaran Finansial Park Seo Ro Yi

Dalam mengembangkan bisnis restorannya Park Seo Ro Yi, menggunakan seluruh uang kompensasi kematian ayahnya dengan melakukan investasi ke Jangga yakni perusahaan F&B yang terkenal di Korea Selatan, namun perusahaan tersebut tengah mengalami penurunan secara drastis 30% sehingga hal ini dijadikan momen yang tepat untuk berinvestasi.

Nah, bagi kalian yang belum mengenal Park Sae Ro Yi itu siapa? Nih ya, Park Sae Ro Yi adalah seorang murid SMA yang terpaksa tidak bisa melanjutkan pendidikan dikarenakan dirinya harus menghabiskan masa-masa sekolahnya dalam jeruji besi penjara.

Meskipun dia mantan seorang napi, hal itu tak membuat masa depan menjadi suram dan gelap. Hal ini terbukti, dirinya dapat menjadi seorang CEO franchise internasional karena kegigihan, kerja keras, kecerdasan, dan ketekunannya dalam meraih tujuan hidup yang sesungguhnya, terutama dalam berinvestasi sejak dini.

Dari cerita tersebut bisa disimpulkan bahwa melakukan investasi sejak dini tidak ada salahnya. Tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa salah satu penyebab seseorang enggan untuk melakukan investasi sejak dini adalah dengan terbatasnya pemasukkan.

Namun, dalam era teknologi saat ini tentunya bukan menjadi masalah lagi, karena kenyataan begitu banyaknya peluang yang bisa kamu manfaat untuk menambah dan mengumpul pemasukan, bila pendapatan kamu belum cukup untuk berinvestasi, asal adanya kegigihan dan keyakinan diri bahwa kamu mampu.

Nah, penasarankan tips finansial apa saja yang bisa kita pelajari dari Park Sae Ro Yi. Kepoin yuk!

  1. Tetapkan Tujuan Hidup 

Itaewon Class Sukses, Inilah Pelajaran Finansial Park Seo Ro Yi

Park Sae Ro Yi merupakan seseorang yang mempunyai short-term goals yaitu berkerja mengumpulkan uang untuk modal usaha dalam 1-2 tahun, dan long-term goals yaitu memulai bisnis yang sukses dalam 10-15 tahun. Dalam mengumpulkan modal usaha, Park Seo Ro Yi bekerja sebagai buruh dan nelayan selama 7 tahun, serta mempunyai tabungan dari hasil asuransi ayahnya. Dirasa cukup, akhirnya dirinya memberanikan diri untuk meraih kesuksesannya, dari mulai berinvestasi hingga membuka franchise usaha sendiri.

  1. Belajar Berinvestasi 

Itaewon Class Sukses, Inilah Pelajaran Finansial Park Seo Ro Yi

Sesuai tujuan hidupnya terkait finansial jangka panjang, Park Seo Ro Yi memiliki beriventasi di saham. Ia memilih berivestasi di perusahaan Jangga yakni perusahaan F&B nomor satu di Korea Selatan. kebetulan, Park Seo Ro Yi memanfaatkan moment yang tepat untuk berinvestasi ketika saham Jangga sedang turun 30%.

Meskipun sudah melakukan investasi sejak muda, Park Sae Ro Yi juga bertekad untuk menjadikan DanBam, kedai kecil miliknya menjadi sebuah perusahaan franchise nomor satu di Korea menyaingi Jangga.

  1. Menghargai Usaha & Uang 

Itaewon Class Sukses, Inilah Pelajaran Finansial Park Seo Ro Yi

Kalian pernah tidak berpikir bahwa style pakaian Sae Ro Yi itu-itu saja, walau ia sedang kencan direstoran mewah dengan Soo Ah? Bahkan dirinya juga tidak pernah travelling, tidak mempunyai mobil? Yup, itu karena kesederhaan dalam dirinya dan juga dirinya tahu bahwa uang yang dicari tidak mudah untuk didapatkan, ia harus bekerja keras, meskipun menjadi buruh bangunan.

Maka dari itu, ia selalu menghargai setiap jerih payah dari usaha dan uang yang dimiliki. Tentunya, bukan hanya Park Seo Ro Yi, seluruh pemeran dalam adegan tersebut mempunyai kegigihan masing-masing dan menghargai usaha dalam setiap titik pencapaian kesuksesan dalam hidupnya.

Contohnya Jang Dae Hee, dibalik kelicikannya, Jang Dae Hee mengajarkan kita bahwa kesuksesan tidak diraih secara instan, selalu ada perjuang dan persaingan yang kuat di dalamnya. Maka dari itu, ia tak akan segan untuk mempertaruhkan nyawanya demi melindungi perusahaan yang sudah ia bangun dari nol.

  1. Berinvestasi Pada Orang 

Itaewon Class Sukses, Inilah Pelajaran Finansial Park Seo Ro Yi

Masih inget dengan pemeran Hyun Yi yang hampir dipecat? Dalam adegan tersebut, Seo Ro Yi memberikan tantangan dan bertaruh dengan  memberikan 2x gaji agar Hyun Yi bekerja 2x lebih keras, hingga akhirnya Hyun Yi menjadi salah satu chef terbaik di Korea Selatan.

Dari momen ini, kita dapat melihat bahwa Seo Ro Yi memberikan dorongan dan yakin akan kemampuan Hyun Yi untuk menjadi seorang chef berbakat, hanya saja Hyun Yi harus di berikan dorongan agar mau berusaha lebih keras dan yakin akan bakat yang ada dalam dirinya.

  1. Jangan Berhenti Bermimpi Tinggi 

Itaewon Class Sukses, Inilah Pelajaran Finansial Park Seo Ro Yi

Park Seo Ro Yi mengajarkan kita untuk tidak selalu berpuas diri akan yang sudah kita miliki, karena masih banyak peluang disekitar yang masih bisa dimanfaatkan untuk memperluas impian yang kita ingin capai. Seperti momen, dimana Seo Ro Yi tidak berpuas diri pada titik franchise yang dimilikinya, yang bagus di skala nasional saja, namun dirinya ingin mengembangkan usahanya agar lebih terkenal dalam skala internasional.

Selain itu, bila ingin berusaha meraih mimpi, pastikan kamu mempunyai acuan yang kuat untuk dirimu. Contohnya orang sukses, meskipun itu musuh besarmu sendiri. Biasanya yang menjadi tekad seseorang kuat dalam meraih mimpinya adalah hinaan dan balas dendam. Namun, bukan berarti kita membalasnya dengan kejahatan, namun lebih membalas dendam dengan cara halus yaitu dengan menunjukan prestasi dan kesuksesan yang kita raih.

Dari sisi ini, pesan yang dapat dipetik adalah jangan pernah takut untuk bermimpi, dan yang lebih penting, mempunyai yakin dengan kemampuan diri sendiri dan bertekad sungguh-sungguh dalam meraih mimpi.