MILZERU – Kita mungkin mulai akrab dengan sosok Constance Wu usai menonton film Crazy Rich Asians (2018). Padahal doi telah cukup lama berkiprah di dunia hiburan, lho. Yang terbaru, Constance Wu membintangi film Hustlers bersama Jennifer Lopez, Cardi B serta Lili Reinhart.

Jauh sebelum menjadi sosok artis populer seperti sekarang, wanita kelahiran Amerika Serikat 37 tahun lalu ini sama seperti gadis remaja pada umumnya, jatuh cinta patah hati, menjalani karier naik turun. Seperti apa perjalanan hidup seorang Constance Wu? Berikut fakta-faktanya seperti dilansir dari laman Guardian. 

Patah hati karena pilihan karier

Enggak cuma kamu yang bisa patah hati karena mengutamakan karier, Constance Wu awalnya juga pernah mengalami hal ini loh. 

"Aku punya kekasih yang sangat aku cintai, yang tidak begitu siap dengan ide (aku) menjadi seorang artis, karena itu tidak stabil. Dia bukannya mengatakan hal seperti: aku tidak ingin bersama seorang artis, tapi dia berkata ‘aku hanya ingin pasangan dengan karier yang tetap.' Aku mencobanya, tapi tidak berhasil. Dan hubungan itu akhirnya tidak berhasil."

Awal karier di dunia hiburan

Kisah cinta tadi terjadi di awal tahun 2000 saat Wu masih tinggal di New York. Tahun 2010 dia pindah ke Los Angeles, dimana karier aktingnya akhirnya berbuah manis. Ia mendapat peran di sinetron komedi Fresh Off the Boat dan tentu saja film sukses Crazy Rich Asians. 

Jauh sebelum itu, Wu memulai karier di usia 12 tahun dengan menjalani latihan di Lee Strasberg Theatre and Film Institute selama empat tahun. 

"Tidak ada pilihan lain untukku dalam hal karier. Aku sangat sensitif, terutama dalam budaya (kerja) kantor yang sering di dominasi dengan patriarki,. Terkadang itu tidak membangkitkan rasa menghormati atau percaya diri. Aku telah menemukan profesi dimana aku bisa menggunakan bagian itu dari diriku dibanding harus merasa malu karenanya."

Akting adalah hidupnya

Wu mengaku sangat menyukai pilihannya terjun di dunia akting, meski saat itu dia harus kehilangan orang yang dia cintai. 

"Aku menyukai apa yang aku lakukan. Ini lebih menyenangkan dibanding pergi ke pesta. Saat aku libur, aku pergi ke kelas akting. Aku di sana dengan semua aktor lainnya yang berjuang dan menunggu giliran, ada juga yang mencoba menjadi aktor, hanya karena itu menyenangkan. Ini dimana aku merasa paling bebas."

Mencoba memahami haters

Setiap selebriti pasti memiliki haters, atau kelompok orang yang tidak menyukainya. Begitupun dengan Wu, tapi dia mencoba memahami orang-orang yang tidak menyukai dirinya. 

"Seringkali orang marah karena mereka terluka, dan aku rasa kamu hanya perlu memahami itu. Aku tidak ingin orang marah tapi aku ingin orang mengekspresikan emosi mereka bahkan meski itu berdampak negatif untukku. Ekspresi hanyalah satu langkah ke perjalanan yang lebih luas untuk memahami diri sendiri. Menjadi manusia itu beruntung karena kita memiliki emosi. Kita bukan hanya sekedar mesin makan dan tidur.”

Tak mau jadi ikon

Wu dalam film Hustlers (sumber foto: Guardian)

Constance Wu ternyata pernah menjadi seorang pelayan selama 10 tahun sebelum akhirnya terjun ke dunia akting.

"Aku beruntung memiliki banyak otonomi dengan karierku. Aku awalnya seorang pelayan selama 10 tahun dan tidak memiliki banyak pilihan. Sekarang aku ada di ruang karierku, dimana aku memiliki banyak keistimewaan, jadi aku bisa memilih peran yang mendorong dan menantangku. Itu tidak untuk semua orang.

Sebagai seorang selebriti Asia-Amerika yang terbilang sukses saat ini, Wu justru enggan disebut ikon selebriti Asia-Amerika. 

“Beberapa orang memiliki keistimewaan dan membuat pilihan, seperti menjadi seorang ikon. Tapi itu bukan yang aku inginkan. Itu bukan aku tidak ingin menjadi seorang ikon. Ini hanya tidak pernah benar-benar ada dalam daftar tujuanku."

Tak minta izin orangtua

Wu dalam film Fresh Off the Boat (sumber: Guardian)

Seperti kebanyakan orangtua yang ingin agar anaknya memiliki karier yang stabil, demikian halnya orangtua Wu, sehingga bintang Hustlers (2019) ini memilih untuk tidak meminta izin dengan berasumsi mereka akan memberi izin. 

"Aku tidak pernah memberitahu mereka. Ini hanya terjadi begitu saja. Aku tidak meminta izin aku hanya menduga-duga. Tapi ketika kamu berusia 18 tahun, kamu tidak perlu mendengarkan orangtuamu. Aku akan mendengarkan kekhawatiran mereka dan aku akan memahami karena itu karena cinta, tapi aku tahu diriku sendiri lebih baik dari orangtuaku. Tidak ada orang yang tahu kamu lebih baik dibanding dirimu sendiri,” ungkap Constance Wu kepada Guardian.

Sumber artikel asli