MILZERU –  Kabar duka datang dari industri hiburan dunia, Ilustrator kartun legendaris Tom and Jerry dan Popeye si pelaut, Gene Deitch tutup usia. Ia meninggal dunia ketika menjalani karantina Covid-19 di rumahnya, Praha Cheko.

Berita duka kematian Gene, dikonfirmasi langsung penerbit Ceko-nya Petr Himmel, Ilustrator legendaris ini menggal pada usia 95 tahun, dan meninggalkan tiga orang putra. Bukan hanya ilustrator, Gene Deitch juga merupakan seorang sutradara dan produser film Amerika Serikat 

Pada 8 Agustus 1924, Gene Deitch lahir di Chicago Ilinois, Amerika Serikat. kemudian pada tahun 1959 ia pindah ke Praha, Cheko lalu menikah dengan wanita bernama Zdenka, wanita asli Chekoslowakia. Padahal niat awalnya pada saat itu, Gene hanya ingin menetap selama 10 hari di negara tersebut, namun semuanya berubah ketika Gene jatuh hati dengan Zdenka. 

Awal Karir Gene Deitch

Gene Deitch memulai karirnya sebagai animator setelah menggeluti dunia militer. Pada tahun 1960 ia sukses menyabet academy Award lewat film pendek animasi bertajuk Munro, serta dinominasikan dua penghargaan bergengsi lainya seperti Here Nudnik dan How to Avoid Friendship, pada tahun 1964. 

Selama menggeluti karirnya Gene yang bekerja dibalik iron Curtains, .sudah menyutradarai 13 episode animasi serial Tom and Jerry, dan Popeye si pelaut.

Gene Deitch, Ilustrator Kartun Legendaris Tom & Jerry Tutup Usia

Sebelumnya pada tahun 1955 ia pernah magang di Studio Animasi di United Production Of America (UPA), kemudian karena kinerjanya yang bagus membawanya menuju kesuksesan sebagai direktur kreatif Terry Toons, Di sanalah dia menciptakan karakter seperti Sidney The Elepant, Clint Clobbor, Great Tom, dan karakter pelukis Prancis Gaston Le Cranyon. 

Pernah dipecat? 

Namun perjalanan Gene meniti karirnya selama di UPA tidaklah berjalan mulus, pada tahun 1958, ia dipecat dari jabatanya, lalu ia mendirikan Gene Deicth Associatest, rumah produksinya sendiri yang berfokus pada iklan televisi di Kota New York, Amerika Serikat. 

Gene Deitch, Ilustrator Kartun Legendaris Tom & Jerry Meninggal di usia 95 tahun

Bukan hanya film dan karakter animasi saja, pada tahun 1966 Gene Deitch juga menyutradarai beberapa film Holywood, seperti Alice In Wonderland yang juga disutradarai bersama Johnatha Miller. Film tersebut juga meraih kesuksesan besar, sehingga pada tahun 2010, film tersebut dibuat versi remakenya. 

Dikutip Washington Post, pada tahun 2004 silam, Gene meraih pengharagaan Windsor McCay sebagai dedikasinya seumur hidup berkontribusi di bidang Animasi.

Gene juga meninggalkan seorang istri dan tiga orang putra dari pernikahan pertamanya, Kim Deitch, Seth Deitch, dan Simon Deitch yang semuanya mengikuti jejak ayahnya sebagai kartunis dan Ilustrator. 

jo