MILZERU – Siapa disini yang tak kenal IU atau Lee Ji Eun? Salah satu penyanyi ternama asal Korea Selatan yang memiliki suara merdu dan lembut, serta menghasilkan beberapa karya yang tak pernah luput dari perhatian masyarakat seluruh dunia, salah satunya lagu ‘Palette’. 

Terciduk Plagiat MV Palette Milik IU, Sutradara Taiwan Minta Maaf

Baru-baru ini, video musik ‘Palette’ milik IU dikabarkan telah di plagiat oleh salah satu penyanyi asal Taiwan, Elaine Ho. Kejadian ini bermula setelah warganet menonton video musik ‘To Love or Not’ milik Elaine Ho yang memiliki kemiripan dengan video musik ‘Palette’ milik IU karya Sutradara Lee Rae-kyung.

Tak terima karya idolanya di plagiat, banyak warganet menuntut penjelasan atas kesamaan beberapa bagian dari kedua video musik rersebut. Dituding warganet, Daniel Chen selaku sutradara video musik ‘To Love or Not’ meminta maaf terkait peristiwa tersebut. 

Terciduk Plagiat MV Palette Milik IU, Sutradara Taiwan Minta Maaf

Bukan hanya itu, Daniel Chen juga mengakui bahwa dirinya terinspirasi dari beberapa video musik, termasuk ‘Palette’ yang dipopuler oleh penyanyi bertubuh mungil tersebut, IU.

"Saya meminta maaf atas kejadian ini. Kami terinspirasi dari banyak hal ketika membuat video musik ini, salah satunya Palette karya Lee Rae-kyung. Kami tak bermaksud plagiat," kata Daniel Chen melalui unggahan di halaman YouTube Elaine Ho.

"Ide kami dan beberapa bagian terlihat serupa. Jika ada adegan yang melukai perasaan, saya meminta maaf. Mohon maafkan saya. Karya-karyamu sempurna," tuturnya. 

Terciduk Plagiat MV Palette Milik IU, Sutradara Taiwan Minta Maaf

Sebelum Daniel Chen meminta maaf, Sutradara Lee Rae-kyung telah terlebih dahulu memberikan pernyataan terkait isu plagiat yang telah beredar di berbagai media sosial tersebut. Lee Rae-kyung memberikan pernyataan ketika sejumlah warganet mengirimkan beberapa potongan gambar video musik ‘To Love or Not’. Bukan hanya itu, penggemar IU juga ternyata telah mengambil tindakan yang cepat dengan mengirimkan tangkapan layar Elaine Ho mengikuti IU di Instagram. 

Terciduk Plagiat MV Palette Milik IU, Sutradara Taiwan Minta Maaf

"Beberapa hari ini, orang-orang memberitahu video musik saya diplagiat. Itu sering terjadi sejak dulu. Saya menerimanya. Saya senang orang-orang mengetahui kebenarannya. Terima kasih telah memberitahu dan mengkhawatirkan saya," tulis Lee Ra-kyung melalui Instagram Stories, dilansir Allkpop.

Meski video musik ‘To Love or Not’ milik Elaine Ho resmi dihapus dari YouTube, Lee Rae-kyung sempat mengunggah beberapa potongan gambar dari video musik tersebut. Bukan hanya itu, Ia juga sempat mengunggah foto Sutradara Daniel Chen saat menonton video musik Palette.

Diketahui, Lee Rae-kyung bukan hanya sekali bekerja sama dengan IU , namun dirinya juga pernah bekerja sama dengan IU untuk video musik ‘Through the Night’.