MILZERU – Mewabahnya pandemiCovid-19 diseluruh dunia dan tak kunjungi usai hingga memasuki bulan puasa, membuat sekitar 1,8 miliar umat Muslim di seluruh dunia merayakan bulan paling penting dalam kalender Islam, yaitu bulan puasa yang jatuh pada hari ini, (24/04/20).

Bulan puasa merupakan kebiasaan umat Muslim dalam menjauhkan diri dari keinginan duniawi, seperti makan, minum dan berhubungan seks antara fajar dan matahari terbenam selama Ramadhan, hal ini dianggap sebagai salah satu pilar ajaran Islam.

Orang Muslim percaya, bulan puasa sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih, introspeksi diri, dan membawa mereka menjadi lebih dekat lagi kepada Tuhan. Dalam bulan puasa, biasanya mereka yang sakit, wanita hamil, anak-anak, dan orangtua dapat diizinkan untuk tidak menjalankan ibadah puasa.

Berbeda dari puasa tahun lalu, di tengah situasi  pandemi Covid-19 ini membuat semua kegiatan yang biasa dilakukan saat Ramadhan ditiadakan sementara, seperti salat berjamaah, ngabuburit, bahkan mudik dikarenakan kegiatan tersebut menjadi hal yang mustahil dilakukan pada tahun 2020.

Dilansir ABC News, ditengah pandemi Covid-19, beberapa negara telah memberlakukan beberapa aturan selama bulan puasa, seperti Malaysia, Brunei dan Singapura yang telah melarang pasar Ramadhan terbuka yang umumnya menjadi tradisi saat ngabuburit atau menunggu waktu buka puasa. Sedangkan di Indonesia, pemerintah telah melarang masyarakat untuk tidak melakukan mudik ke kampung halaman pada hari Idul Fitri.

Maka dari itu, masyarakat diharapkan mampu untuk mempersiapkan agar tubuh lebih sehat dan kuat agar dapat lebih mudah beradptasi untuk memulai berpuasa Ramadan 2020. Inilah beberapa tips persiapan puasa Ramadhan 2020 Menjelang. Yuk, Kepoin!

  1. Perbanyak Minum Air 

Tips Puasa Ramadan 2020 di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Tidak ada salahnya untuk memperbanyak asupan air selama berpuasa, hal ini untuk memastikan tubuh betul-betul terhidrasi. Dengan menambah satu atau dua gelas sehari dapat mengurangi tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama berpuasa.

  1. Menjaga Asupan Kalori 

Tips Puasa Ramadan 2020 di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Nah, ini biasanya yang salah dilakukan banyak orang dikarenakan gagal melawan hawa nafsu dalam mengkonsumsi makanan. Memang benar, biasa nya tubuh menuntun untuk menambah jumlah asupan makan ke dalam porsi besar, namun tak ada salahnya untuk menekan jumlah asupan kalori lebih rendah, seperti mengganti hidangan tinggi lemak menjadi hidangan tinggi protein agar tetap kenyang.

  1. Kurangi Minum kopi 

Tips Puasa Ramadan 2020 di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Kamu pecandu kopi? Nah, bila kamu kesulitan untuk tak mengonsumsi kopi selama Ramadhan. Tenang saja, hal ini bisa lebih teratasi, caranya dengan mengurangi jumlah kopi yang biasa dikonsumsi, hal ini sama dengan rokok.

  1. Mengubah Pola Tidur 

Tips Puasa Ramadan 2020 di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Bagi kamu yang biasa bergadang, coba deh untuk mengubah waktu pola tidur menjadi lebih awal agar kamu tidak melewatkan waktu untuk sahur. Mungkin pada tahap awal terasa sulit, namun jika aktivitasi rajin dilakukan maka dirimu akan menjadi lebih terbiasa untuk bangun lebih awal dan tidak merasakan kantuk yang berat saat sahur. Karena hal baik dapat dimulai dari membiasakan diri.

  1. Membatasi Konsumsi Camilan Bagi  

Tips Puasa Ramadan 2020 di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Tubuh yang terbiasa untuk makan tiga kali sehari, lengkap dengan camilan di sela-sela waktu mungkin akan sulit untuk beradaptasi. Namun, jika kamu tergerak untuk memulai membatasi untuk mengkonsumsi camilan sebelum Ramadhan, mungkin hal ini menjadi lebih efektif untuk dapat lebih mudah bagi tubuh dalam beradaptasi selama bulan puasa.