MILZERU – Ini Dia Cara Menghapus Akses Zoom Dari Akun Google 

Baru – baru ini di masa pandemi Covid-19 merebak, membuat hampir seluruh instansi bisnis dan pendidikan, mengalihkan kegiatanya di rumah pekerjanya masing – masing, aktivitas ini biasa disebut Wfh (Work From Home) hal ini tentunya membutuhkan suatu perangkat yang dapat menunjang agar mereka tetap terkoneksi dengan rekan kerja maupun guru 

Berbagai Aplikasi Video Call digunakan untuk membantu para pekerja agar terkoneksi dengan rekan kerjanya, aplikasi tersebut sangatlah beragam, seperti halnya Skype, Zoom, Google Duo, Hangout, dan masih banyak lagi. Namun diantara aplikasi video Call tersebut, yang paling populer dan sering digunakan oleh para pekerja maupun siswa yang mengikuti kelas Online, adalah apikasi Zoom. 

Namun dibalik fungsi dan kepopulernya, aplikasi Zoom justru dinilai berbahaya bagi privasi penggunanya, hal ini karena banyak laporan dari penggunanya yang mengeluhkan bahwa akun data diri pribadi mereka justru diretas setelah menggunakan aplikasi video Call ini.

Rawan Diretas, Hapus Akun Zoom Bukanlah Solusi, Ini Caranya

Menurut Perusahaan Keamanan Siber Cyble, sejak 1 April lalu, sudah terdapat ribuan akun Zoom yang telah di retas dan dijual data – datanya ke berbagai situs online peretas di Dark Web, hal ini tentunya membuat pengguna was-was hingga menghapus akun Zoom yang dimilikinya.

Namun penghapusan akun Zoom tersebut bukanlah solusi yang tepat, mereka justru tidak menyadari bahwa akun Zoom mereka masih bisa diakses ke akun Google penggunaya, namun hal ini tentu ada solusinya, salah satunya adalah menghapus akses Zoom di akun Google, caranya sangatlah sederhana, berikut adalah cara menghapus Akses Zoom Dari akun Google.​

  1. Pengguna harus masuk melalui akun Gmail miliknya yang digunakan untuk masuk ke aplikasi Zoom​
  2. Jika sudah, pada bagian kanan atas terdapat logo huruf inisial nama pengguna atau foto pengguna berbentuk lingkaran, ketuk logo tersebut lalu klik > pilih kelola akun anda, atau dalam bahasa inggris > Manage Your Account.
  3. Setelah mengklik bagian tersebut pengguna akan ditampilkan berbagai menu seperti Beranda, Info Pribadi, data & Personalisasi, keamanan, orang & berbagi , serta pembayaran dan langganan. 
  4. Pilih Menu keamanan kemudian Scroll kebawah lalu pilih menu > aplikasi pihak ketiga lalu pilih > kelola akses pihak ketiga. Setelah klik menu tersebut pengguna akan ditampilkan berbagai aplikasi pengguna yang memiliki akses Google.
  5. Jika Pengguna menemukan aplikasi Zoom diantara aplikasi lainya, maka klik > aplikasi Zoom, lalu pilih > hapus akses, kemudian klik > Oke, maka Akses Google anda berhasil dihapus.

Itulah beberapa cara menghapus akses Zoom dari Akun Google anda, cukup mudah bukan? tapi perlu diingat hal seperti ini tidak dapat diremehkan, untuk itu selalu berhati – hati dalam mengisi data, apalagi data diri pribadi, bila data pribadi diretas dan dibobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawb maka siap-siap saja akan  sesuatu yang fatal menghampirimu.