MILZERU – Aktor Bollywood yang sering bermain di beberapa film Hollywood, Irrfan Khan atau yang dikenal dengan nama asli Saahabzaade Irfan Ali Khan dikonfirmasi telah meninggal dunia di usia ke-53 tahun pada Rabu (24/04/20).

"Irrfan Khan merupakan jiwa yang kuat, seseorang yang berjuang hingga amat akhir dan menginspirasi siapa pun yang dekat dengannya," tutur sebuah pernyataan dari pihak Reporter.

Diketahui semasa hidupnya, Irrfan tak hanya sukses berkiprah di industri film Bollywood, tetapi juga berhasil mengembangkan sayapnya ke dunia Hollywood. Aktor asal India ini pernah terlibat dalam sejumlah proyek film Hollywood, seperti ‘Slumdog Millionaire’, ‘Life of Pi’, dan ‘The Amazing Spider-Man’. 

RIP Irrfan Khan! Aktor Bollywood Yang Sukses Di Hollywood

Sebelumnya, aktor ini pernah dinyatakan terdiagnosis tumor neuroendokrin pada 2018. Tumor neuroendokrin merupakan kondisi pertumbuhan tak normal yang dimulai dari sel neuroendokrin yang tersebar luas di seluruh tubuh, termasuk perut, usus, dan paru-paru.

Sebelum meninggal, Irrfan Khan pada awal minggu kemarin dikabarkan sedang menjalani perawatan insentif di rumah sakit Kokilaben di Mumbai, India, dengan diagnosis infeksi usus besar.

kabar meninggalnya aktor kelahiran 1967 ini, banyak meninggal kesan hidup yang sangat membekas dibeberapa kerabat dan orang yang pernah mengenal dirinya, salah satunya Reporter asal Hollywood yang menyatakan bahwa sepanjang karir Irrfan Khan selama 30 tahun, ia dikenal sebagai aktor film dan pembawa acara televisi yang berbakat dengan penjiwaan yang kuat dalam karya-karya humanis.

Selama di India, Irrfan Khan  itu memulai debut kariernya sebagai aktor dalam film ‘Salaam Bombay!’ (1988), yang menjadi nominasi Oscar. Setelah membintangi berbagai macam karakter, dirinya kemudian beralih menjadi karakter pemeran antagonis dalam film seperti ‘Haasil’ (2003) dan ‘Maqbool’ (2004), hingga kemudian ia berhasil memenangkan penghargaan di ajang Filmfare Award sebagai Best Villain dalam film ‘Hasiil’ (2003) karya Tigmanshu Dhulia. 

RIP Irrfan Khan! Aktor Bollywood Yang Sukses Di Hollywood

Di sisi lain, Khan juga mempertahankan karier di Hollywood dalam berbagai karakter di beberapa film yang peran dibintangi oleh dirinya,salah satu yang paling berkesan adalah saat ia berperan sebagai kepala polisi dalam film ‘A Mighty Heart’ karya Michael Winterbottom dan juga dengan peran yang sama sebagai polisi dalam film ‘Slumdog Millionaire’ yang sukses dan sensasional.

Akibat dari kemampuan bakat akting yang luar biasa dan banyak menuai pujian positif dari berbagai kalangan, Irrfan Khan akhirnya berhasil memenangkan delapan piala Oscar dalam film ‘Slumdog Millionaire’ .