MILZERU – Setelah diuji coba pada hewan seperti Simpanse, Vaksin virus Corona atau Covid-19 diperkirakan akan mulai diproduksi massal pada bulan Desember 2020 mendatang. vaksin Covid-19 ini merupakan hasil kembangan dari Universitas Oxford yang telah diuji klinis bekerja sama dengan The Serum Institute Of India. 

Keberhasilan ini membuat Serum Institute India berencana untuk memproduksi massal vaksin Covid-19 tersebut di negaranya, namun tidak menutup kemungkinan akan diproduksi ke negara lain di dunia. Produsen vaksin asal India tersebut juga berencana akan memproduksi 60 juta dosis vaksin yang dikembangkan oleh universitas Oxford pada September mendatang.

Sebelumnya terdapat kandidat vaksin yang telah diuji coba secara klinis, namun kandidat vaksin tersebut belum berhasil melawan virus Covid-19, kandidat vaksin tersebut dinamakan ChAdOx1, dan nCoV-19, kemudian setelah diuji coba pada hewan, vaksin tersebut mulai menunjukan reaksi positifnya, sehingga Produsen Vaksin India tersebut akan mulai mengembangkanya pada manusia. 

Kabar Gembira! Vaksin Corona Bakal Diproduksi Massal Bulan September

Dinlansir The New York Times, dalam uji cobanya Jenner Institute Universitas Oxford, melibatkan sekitar 6000 relawan untuk disuntik vaksin virus Corona, namun pada fase pertama hanya melibatkan 1.112 orang yang akan diberi vaksin virus corona, kemudian setengah dari mereka hanya diberi vaksin control.

Ilmuan Oxford juga yakin bahwa vaksin buatan mereka dapat terbukti efektif pada manusia, dan akan mempersiapkan produksi massalnya Bulan September mendatang, hal yang sama juga diungkapkan oleh India yang akan meproduksi vaksin hasil kerjasamanya dengan Jenner Institute Unibersitas Oxford.

Amerika Dan Jerman Turut Uji Coba Vaksin 

Bukan hanya Inggris dan India saja yang berhasil mengembangkan vaksin Virus Corona, Amerika Serikat juga kabarnya berhasil mengembangkan vaksin corona, vaksin tersebut akan diuji coba paling cepat Minggu depan dan mulai digunakan kepada publik Desember 2020 mendatang.

Dikutip New York Post, Uji Vaksin tersebut kabarnya akan menggandeng perusahaan BioNtech asal Jerman. Walaupun uji coba vaksin di Jerman sudah dilakukan, namun Regulator kedehatan asal Amerika baru akan menguji coba vaksin terhadap manusia pada Minggu depan.

Kabar Gembira! Vaksin Corona Bakal Diproduksi Massal Bulan September

Perusahaan kesehatan yang berbasis di New York Ini telah menggelontorkan USD 650 Juta untuk pengujian dan produksi vaksin virus Corona ini, jika berjalan dengan sesuai rencana, dan hasil pengujian terlihat menguntungkan maka Vaksin siap distribusikan pada musim Gugur September mendatang.

Jumlah kasus positif virus corona saat ini sudah menjangkit 3.139.471 orang di seluruh dunia dengan 218.024 kasus kematian, dan 959.224 berhasil sembuh, sedangkan untuk jumlah kasus di Indonesia saat ini berjumlah 9.771 kasus positif, dengan 784 meninggal dunia, dan 1.391 berhasil sembuh.