MILZERU – Sering Disepelekan, 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Buka puasa menjadi momen bahagia bagi setiap umat Islam yang menjalankannya. Namun tahukah kamu, bahwa ada makanan yang sebenarnya tidak boleh dikonsumsi ketika berbuka? Nah, 5 makanan ini harus dihindari saat berbuka puasa. Sayangnya tidak semua orang yang menjalankan puasa mengetahuinya.

Jagalah kesehatan tubuh selama berpuasa dengan tidak mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

  1. Masakan Bersantan

Berbahaya! 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Hindari makanan dengan kandungan santan pada saat buka puasa. Makanan ini bahaya dikonsumsi oleh orang yang memiliki penyakit jantung koroner. Santan memiliki kandungan lemak yang tinggi.

Santan juga dapat berdampak buruk pada pencernaan. Selain itu, juga memicu permasalahan kesehatan lainnya.  Jadi, kurangilah santan atau tidak mengonsumsi kuliner bersantan sama sekali.

  1. Masakan Terlalu Pedas

Berbahaya! 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Berbagai aneka kuliner pedas dapat menimbulkan sakit perut. Hal tersebut karena pedas dapat menimbulkan reaksi asam. Hindarilah aneka masakan pedas yang saat berbuka. Cabai memiliki kandungan senyawa capsaicin yang dapat membuat dinding lambung mengalami iritasi.

Bagi kamu yang memiliki perut sensitif, sebaiknya hindari masakan pedas. Karena, hal ini dapat menyebabkan efek yang buruk pada saluran pencernaan. Jika sering mengonsumsinya, maka akan menyebabkan pencernaan menjadi semakin parah.

  1. Masakan dengan Kandungan Minyak Berlebih

Berbahaya! 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Olahlah masakan kamu dengan minyak secukupnya. Kandungan minyak berlebih pada masakan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit. Sayangnya, hal ini sering diabaikan oleh kebanyakan orang dan dianggap tidak bahaya.

Kurangi mengonsumsi makanan gorengan waktu berbuka. Karena, olahan masakan tersebut dapat memicu kolesterol tinggi, tekanan darah meningkat, hingga kenaikan berat badan. Selain itu, hindari memasak dengan menggunakan minyak goreng bekas.

  1. Makanan Terlalu Asam

Berbahaya! 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Olahan kuliner dengan kandungan asam yang tinggi juga sangat bahaya untuk kesehatan. Rasa asam pada masakan dapat merangsang asam lambung. Hal tersebut kemudian akan menimbulkan rasa mual pada perut dan terasa seperti terbakar.

Bagi penderita maag, sebaiknya hindarilah makanan ini ketika buka puasa. Kondisi tersebut akan semakin parah jika kamu memakannya pada saat kondisi perut kosong. Tingkat keasaman yang tinggi pada suatu masakan, akan memicu iritasi pada perut.

  1. Hindari Olahan Masakan Instan

Berbahaya! 5 Makanan Ini Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Ada banyak sekali makanan instan kemasan plastik maupun kaleng yang ada di pasaran. Namun tahukah kamu, ternyata olahan masakan tersebut dapat membuat tubuh sulit menyerap nutrisi?

Hindari makanan kaleng dan kemasan yang diolah instan ketika berbuka. Meskipun cara pengolahannya cepat, tapi tidak bagus untuk kesehatan kamu. Salah satu yang paling populer adalah mie instan.

Hampir semua makanan cepat saji tidak memiliki nilai gizi yang bagus. Jadi, sebaiknya kamu hindari dan memilih olahan masakan lain yang lebih menyehatkan.

5 makanan ini harus dihindari saat berbuka puasa. Kira-kira, masakan mana yang sering kamu konsumsi pada saat berbuka dari kelima list di atas? Jika masih mengonsumsinya, sebaiknya hindari dan jaga kesehatan saat berpuasa.