MILZERU – Breakout adalah permasalahan kulit yang diakibatkan oleh banyak hal. Permasalahannya meliputi jerawat, komedo, hingga bruntusan. Sudah sering merawat wajah namun tetap bermasalah? Yuk, cek penyebab wajah breakout berikut agar kamu bisa mengatasinya secara optimal:

Penyebab Wajah Breakout
  1. Salah Memilih Produk Skincare

Tidak sedikit produk skincare yang dapat mengakibatkan permasalahan kulit. Hal ini disebabkan karena produk yang tidak cocok dengan jenis kulit. Sebelum membeli, pastikan kamu mengenali produknya terlebih dahulu.

Pastikan kamu memilih produk yang tidak mengandung alkohol, mineral oil, parfum, hingga paraben. Karena, kandungan tersebut dapat menyumbat pori.

  1. Sering Menggunakan Topi

Selain sunscreen, topi juga merupakan aksesoris yang cocok untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, jika keseringan menggunakannya, ternyata tidak baik untuk kesehatan kulit.

Jika menggunakan topi, sebaiknya jangan memilih ukuran yang terlalu ketat. Ukuran tersebut dapat mengakibatkan timbulnya jerawat karena terjadinya gesekkan pada permukaan kulit.

  1. Tidur Tidak Berkualitas

Kualitas tidur yang buruk ternyata menjadi salah satu penyebab permasalahan kulit wajah. Kebiasaan ini bisa menyebabkan hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Pori-pori di dalam kulit juga akan tersumbat dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Kurang tidur juga akan mengakibatkan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Jadi, perbaikilah pola tidur kamu untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Salah Memilih Deterjen

Produk deterjen ternyata sangat berpengaruh juga pada kulit wajah kita. Pastikan kamu memilih yang tepat, terutama untuk seprai bantal. Karena, residu deterjen yang tertinggal  bisa menyebabkan reaksi pada kulit.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, pilihlah deterjen yang bebas pewarna dan pewangi. Atau, pilih produk yang sudah diformulasikan khusus untuk kulit sensitif.

  1. Stres Berlebihan

Faktor umum terjadinya breakout pada wajah adalah stres yang berlebihan. Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa stres dapat memicu jerawat. Penyebabnya karena stres dapat merangsang kelenjar minyak. Kemudian, kelenjar tersebut akan menutupi pori menjadi tersumbat.

Cara mengatasinya sebenarnya sederhana. Yaitu dengan berolahraga, meluangkan waktu untuk mencari hiburan, hingga bermeditasi.

  1. Kebiasaan Memencet Jerawat

Jerawat yang dipencet akan mendorong bakteri ke dalam pori-pori. Jika sering dilakukan, maka akan memicu timbulnya jerawat lain. Kebiasaan ini juga dapat menyebabkan breakout kamu menjadi semakin lama.

Atasilah jerawat dengan cara yang benar. Misalnya menggunakan produk skincare, atau berobat ke dokter.

  1. Scrubbing Terlalu Keras

Menggosok kulit pada saat scrubbing harusnya dilakukan secara lembut. Jika dilakukan secara kasar, maka akan menyebabkan iritasi dan memicu jerawat. Lakukanlah secara perlahan ketika membersihkan pori-pori.

Gunakan juga produk scrub yang cocok. Pastikan produk tersebut memiliki kandungan asam glikolat, hidrokasi, dan lakatat.

Dari penjelasan di atas, sedikit banyaknya kini kamu tahu apa saja penyebab wajah breakout. Bagi yang sedang mengalami kondisi tersebut, ketahui terlebih dahulu penyebabnya agar mudah diatasi secara optimal. Semoga bermanfaat.