MILZERU – Saat ini ramai diperbincangkan marga Latuconsina yang disinggung oleh Andre Taulany dan Rina Nose.

Source : Chiko Lemontea TV (Youtube)

Hal itu bahkan berbuntut pelaporan yang dilakukan seorang warga bernama Ruswan Latuconsina yang mengaku sebagai perwakilan dari keluarga besar Latuconsina. Dia pun resmi melaporkan Andre Taulany dan Rina Nose ke Polda Metro Jaya atas dugaan pencemaran nama baik melalui media elektronik, Senin (18/5/2020).

Asal-Usul Marga Latuconsina Yang Ramai Jadi Perbincangan_rinanose

Sorce : Google

Lalu, dari mana sebenarnya asal marga Latuconsina?

Budayawan asal Maluku, Abidin Wakano menjelaskan, Latuconsina merupakan marga parentah atau keturunan raja dari Desa Pelauw, Kabupaten Maluku Tengah.

Sebagai salah satu marga parentah di Maluku Tengah, maka orang yang menyandang marga Latuconsina memiliki kedudukan dan martabat yang sangat tinggi.

Sama dengan Latuconsina, sejumlah marga lainnya di Maluku yang diawali dengan kata "Latu" juga merupakan marga parentah yang kedudukannya sangat tinggi, salah satunya marga Patty.

Secara genologis, marga Latuconsina memiliki hubungan yang kuat dengan marga lainnya. Sehingga wajar bila ada warga Maluku yang bukan marga Latuconsina merasa tersinggung ketika marga itu dilecehkan.

Selain sebagai simbol identitas dan penghargaan, marga di Maluku diyakini sangatlah sakral karena menyangkut asal usul kekerabatan dan juga nasab manusia di Maluku.

“Marga itu mencerminkan nilai kearifan lokal yang sangat agung dan menjadi kekayaan Kebhinekaan kita, sehingga tidak elok jika marga dipermainkan,” Kutip Abidin.

Berikut cuplikan dari Prilly Latuconsina terkait pemberitaan yang sedang ramai tersebut :

Source : Hits Infotainment (Youtube)

Semoga tidak ada candaan yang akan menyinggung pihak manapun lagi ya gengs..