MILZERU – Dengan diberlakukannya aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di Jakarta, banyak tempat publik termasuk mal ditutup demi menekan kurva penyebaran COVID-19 di Jakarta. PSBB di Jakarta sendiri sudah memasuki tahap III. PSBB tahap ini akan berakhir pada 4 Juni 2020.

Berdasarkan aturan tersebut, berarti kurang dari seminggu mal-mal Favorit di Jakarta sudah mulai beroperasi kembali, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, seperti penggunaan masker, thermometer untuk mengukur suhu tubuh dan hand sanitizer.

Menurut Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, mengatakan bahwa mal di DKI Jakarta akan mulai dibuka pada 5 Juni 2020. "Rencana mal dibuka mulai tanggal 5 Juni," kata Ellen, Sabtu, 23 Mei 2020. Pernyataan tersebut berbeda dengan rencana awal yang diusulkan pemerintah, yaitu pada 8 Juni 2020.

Namun, tidak semua mal-mal di Jakarta akan dibuka secara serentak gengs. Yuk simak jadwalnya berikut ini:

1. Kota Kasablanka

Yeay! Mulai 5 Juni, Mal-Mal Favorit Di Jakarta Dibuka Kembali_kokas_
source: wordpress.com

Siapa yang tidak kenal KoKas atau Kota Kasablanka? Sebuah Mal yang berlokasi di daerah Kasablanka, Jakarta Selatan, memutuskan menutup operasinya hingga 4 Juni 2020. Mal ini rencananya akan dibuka kembali satu hari setelah PSBB tahap III Jakarta berakhir.

2. Plaza Indonesia

Dilihat dari pengumuman yang diunggah melalui akun Instagram resminya, mal yang berlokasi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia itu menyatakan memperpanjang penutupan operasional mal hingga 4 Juni 2020. Dengan begitu, mal akan dibuka pada keesokan harinya, yakni 5 Juni 2020.

Selama PSBB, Plaza Indonesia beroperasi mulai pukul 11 siang hingga 5 sore. Mal juga sempat ditutup pada hari pertama Idul Fitri. Meski demikian, tenant-tenant yang esensial tetap dibuka, seperti supermarket, farmasi, money changer, dan ATM. Outlet yang menjual makanan dan minuman juga diperkenankan beroperasi tetapi hanya melayani take away dan pengantaran ke rumah.

3. Grand Indonesia

Tidak beda dari mal tetangganya, Grand Indonesia juga memutuskan memperpanjang penutupan operasionalnya karena aturan PSBB. Bedanya adalah, Grand Indonesia menetapkan tanggal mulai beroperasi pada 8 Juni 2020.

Yeay! Mulai 5 Juni, Mal-Mal Favorit Di Jakarta Dibuka Kembali_GI_

source: YouTube.com

Meski demikian, sejumlah outlet yang menyediakan kebutuhan esensial tetap buka. Di antaranya, supermarket, gerai makanan dan minuman, farmasi, optik, toko buku, dan money changer.

4. Plaza Blok M

Yeay! Mulai 5 Juni, Mal-Mal Favorit Di Jakarta Dibuka Kembali_BlokM_

source: pakuwon.com

Satu-satunya mal yang terkoneksi langsung dengan Stasiun MRT ini memutuskan memperpanjang masa penutupan sementara operasional hingga 4 Juni mendatang dan rencananya akan dibuka kembali pada 5 Juni 2020. Tetapi tidak perlu khawatir, karena sejumlah gerai yang menyediakan kebutuhan esensial dan kedai makanan atau minuman tetap dibuka mulai pukulu 11 siang hingga 7 malam. Seluruh pengunjung juga diminta menggunakan masker.

5. Mal Gandaria City

Yeay! Mulai 5 Juni, Mal-Mal Favorit Di Jakarta Dibuka Kembali_gandaria city_
source: pakuwon.com

Mal yang berlokasi di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan ini memutuskan memperpanjang penutupan operasional hingga 4 Juni 2020. Selama itu, sejumlah toko yang menyediakan kebutuhan esensial dibuka antara pukul 11 pagi hingga 7 malam. Mal akan buka kembali pada 5 Juni 2020.

6. Pondok Indah Mal

Yeay! Mulai 5 Juni, Mal-Mal Favorit Di Jakarta Dibuka Kembali_PondokIndah_
source: tripadvisor.com​

Mal yang berlokasi di Jakarta Selatan ini memutuskan untuk memperpanjang masa penutupan hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional pada pukul 11 siang hingga 7 malam.

7. Senayan City

Mal di Jakarta Selatan ini memutuskan untuk menutup operasionalnya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan dan minuman tetap buka dengan jam operasional pada pukul 11 siang hingga 7 malam.

8. Mal Central Park

Mal di Jakarta Barat ini memutuskan untuk menutup operasionalnya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali keesokan harinya.  Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional pada pukul 11 siang hingga 7 malam.

9. Pasific Place

Dalam unggahan Instagram resminya, mal yang berlokasi di kawasan SCBD ini akan menutup operasionalnya hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali pada 5 Juni 2020. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional, Senin-Kamis pada pukul 11 pagi hingga 8 malam, dan Kamis--Minggu pada pukul 11 pagi hingga 9 malam.

10. Summarecon Mal Kelapa Gading

Mal yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara ini memutuskan memperpanjang penutupan sementara hingga 7 Juni 2020. Dengan begitu, mal akan kembali dibuka pada 8 Juni 2020. Namun, sejumlah toko yang menyediakan kebutuhan esensial, termasuk ATM, tetap beroperasi seperti biasa dengan durasi lebih singkat.

11. Lotte Shopping Avenue

Mal yang berlokasi di kawasan Kasablanka ini menutup operasional sementara hingga 4 Juni 2020 dan buka kembali pada 5 Juni 2020. Selama itu, outlet yang menyediakan kebutuhan esensial dan gerai makanan/minuman tetap buka dengan jam operasional, Senin--Minggu pada pukul 11 pagi hingga 8 malam.

 

Tapi ingat ya Gengs, walaupun mal-mal favorit kalian di Jakarta sudah dibuka, kalian harus tetap mematuhi protocol kesehatan ya. Stay safe Gengs!