MILZERU – ​Semakin meluasnya pencinta drama Korea atau DraKor di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan, membuat banyak dari kita ingin mempelajari bahasa yang digunakan dalam drama atau film Korea tersebut, yaitu bahasa Korea.

Belajar bahasa Korea memang tidak mudah gengs. Itu sebabnya, bahasa Korea menjadi salah satu bahasa tersulit di dunia untuk dipelajari. Bahkan saking sulitnya, tidak sedikit orang yang putus belajar di tengah jalan. Tapi jangan menyerah ya Gengs! Tim Milzeru sudah mengumpulkan tips jitu belajar bahasa Korea sendiri di rumah untuk kalian. Yuk kita simak tipsnya.

  1. Ucapan Salam dan Sapa

Kita sepakat, untuk memulai belajar semua bahasa, kata pertama yang wajib kita tahu atau pelajari adalah ucapan salam atau sapaan. Jika di dalam bahasa Inggris ada kata “hi”, “hello”, “good bye”, dalam bahasa Korea ada “annyeonghaseyo” atau “annyeong” saja jika ingin lebih santai. Tapi penggunaan kata “annyeong” hanya dipakai untuk menyapa teman atau orang yang lebih muda ya Gengs.

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_greetings

Uniknya, dalam bahasa Korea kita bisa mengucapkan kata “annyeonghaseyo” untuk semua waktu, baik pagi, siang atau malam. “Annyeonghigaseyo” sendiri adalah kata yang diucapkan ketika bertemu (sebagai kata sapaan) atau berpisah dengan seseorang (sama seperti “good bye”). Cukup mudah dipelajari, kan Gengs?

 

  1. Mulai Dari Bahasa Sehari-hari atau Bahasa Kasual

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_conversation

Belajar bahasa formal memang penting, namun untuk mempercepat kalian bisa berbahasa Korea, mulailah dengan belajar bahasa sehari-hari atau bahasa kasual mereka. Karena kita tidak perlu menambahkan imbuhan seperti “-imnida”, “-seyo”, dan lain sebagainya.

 

  1. Sering-Sering Nonton Drama atau Film Korea

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_drakor

Kalau ini sih sudah wajib hukumnya jika kalian ingin belajar bahasa Korea Gengs. Karena metode belajar seperti ini terbukti cukup efektif untuk kalian yang masih pemula. Walaupun masih harus nonton dengan bantuan subtitle, secara nggak sadar kamu akan mengingat kosakata yang sering banget dipakai buat percakapan.

 

  1. Belajar Hangul dari Huruf Vokal

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_hangul

Hangul atau huruf abjad Korea, sekilas memang tampak sama seperti huruf Mandarin dan Jepang. Namun, kalau kalian lihat lebih seksama, akan terlihat perbedaannya.

Untuk kalian yang ingin belajar Hangul, kalian bisa memulai dari kosa kata huruf vokal yang terdiri dari 11 buah. Memang lebih banyak dari huruf vokal alfabet, tapi itu cukup mudah diingat kok Gengs. Setelah kalian merasa sudah hafal dan lancer, kalian bisa mulai beralih ke huruf konsonannya. Intinya, kalian harus sabar dan tekun ya Gengs.

 

  1. Latih Skill Menulis dan Membaca Hangul Setiap Hari

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_menulis

Setelah kalian sudah bisa menghafal macam-macam Hangul, tips selanjutnya adalah berlatih menulis dan membacanya. Coba kalian tuliskan nama kalian dalam Hangul Gengs. Tidak perlu takut salah, karena itu adalah proses belajar. Setelah berhasil, mulailah menuliskan nama benda atau makanan dalam Hangul.

 

  1. Cari Materi Grammar di Internet

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_browsing

Merasa yakin dan percaya diri sudah bisa menulis dan membaca Hangul? Mulailah untuk masuk untuk belajar grammar bahasa Korea. Memang tidak mudah, namun buan berarti tidak bisa dipelajari ya Gengs.

Mempelajari grammar memang memiliki tantangan tersendiri. Dalam menyusun sebuah kalimat, pasti ada aturan-aturan baku yang harus dipenuhi. Sama halnya seperti dalam bahasa Indonesia, harus ada subjek, predikat, dan objek. Walau memiliki susunan yang agak berbeda, kalian harus sabra dan teliti untuk menyusunnya.

Untuk mempermudah proses belajar grammar bahasa Korea, kalian bisa mencari materi-materinya melalui Internet. Dari mulai grammar dasar, sampai yang sudah mahir.

 

  1. Cari Lawan Bicara Untuk Melatih Conversation

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_conversation

“30 hari PD (percaya diri) bicara bahasa Inggris”, pernah dengar atau baca tulisan seperti ini? Memang salah satu poin penting dalam belajar sebuah bahasa adalah berkomunikasi. Saat kalian sudah mengerti dan bisa membuat orang lain mengerti dengan apa yang kalian katakan, maka bisa dibilang kalian sudah bisa bahasa tersebut.

Jadi sering-seringlah kalian ngobrol dengan teman yang sudah bisa atau yang sama-sama belajar bahasa Korea. Selain bisa mempercepat proses belajar kalian, hal ini juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kalian saat berbicara langsun dengan Oppa-oppa Korea Gengs.

 

  1. Coba Datang Ke Acara Budaya Korea

Nggak Perlu Ikut Les! Ini Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri_koreanfestival

Last but not least, coba datang ke acara-acara budaya Korea yang diadakan di kota kalian. Kalian akan disuguhkan dengan rangkaian acara yang Korea banget. Mulai dari membahas tentang fakta-fakta di Korea Selatan yang akan menambah wawasanmu, hingga kuliner asli Korea seperti kimchi, ddukboekki, odeng, dan banyak lainnya yang akan memanjakan lidah kalian. Dengan semakin mengenal budaya bahkan makanan Korea, kalian dijamin akan semakin semangay untuk belajar bahasa Korea.

Nah itu dia beberapa Tips Jitu Belajar Bahasa Korea Sendiri yang sudah Tim Milzeru kumpulkan. Tetap semangat belajarnya ya Gengs. Hwaiting!