MILZERU – Kalian tahu tidak Gengs, bahwa peringatan Hari Lahirnya Pancasila mulai resmi menjadi hari libur nasional tahun 2017 lho.

Lahirnya Pancasila sendiri adalah sebuah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia yang merdeka Gengs.

Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPKI.

Lalu bagaimana cara kita memperingati Hari Lahirnya Pancasila? Tim Milzeru telah mengumpulkan hal-hal positif yang bisa kalian lakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila. Yuk kita simak bareng-bareng.

 

  1. Saling Menghargai

Mungkin ini terdengar klasik ya Gengs. Namun sejatinya, masih banyak diantara kita yang belum memiliki sikap saling menghargai. Masih terlalu banyak isu yang beredar dikarenakan masih kurangnya rasa saling menghargai diantara kita.

Hal Positif Untuk Memperingati Hari Lahir Pancasila_Menghargai

Source: Kumparan.com

Mari kita belajar saling menghargai mulai sekarang Gengs. Jadi jangan lagi ada permasalahan tentang sara (suku, agama, ras, dan antargolongan). Karena kita sejatinya adalah satu, bangsa Indonesia.

 

  1. Tolong-menolong

Pada saat orang di sekitar kita merasa sulit, sudah menjadi tanggung jawab kita untuk dapat membantu mereka Gengs. Apalagi saat dunia sedang dilanda pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, banyak dari mereka yang terkena dampaknya.

Hal Positif Untuk Memperingati Hari Lahir Pancasila_menolong

Source: dictio.id

Tidak harus dengan harta, pertolongan bisa berupa apa saja. Bahkan sebuah senyuman yang tulus merupakan sedekah termudah yang dapat kita lakukan lho Gengs.

Tapi perlu diingat ya, tolong-menolong yang dimaksud adalah tolong-menolong dalam hal kebaikan ya Gengs.

 

  1. Mengenang Jasa Pahlawan Melalui Film

Hal Positif Untuk Memperingati Hari Lahir Pancasila_film

Kalian sudah mulai bosan dengan tontonan film bergenre romantis, horor, atau action? Coba kalian tonton film yang bertemakan perjuangan bangsa Indonesia. Ini adalah salah satu cara untuk belajar sejarah sekaligus mengenang jasa para pahlawan kita.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Film Indonesia Tentang Nilai Pancasila

Sila dalam Pancasila jangan hanya kita hafalkan, tetapi juga harus kita aplikasikan di dalam kehidupan kita. Mari jadikan Hari Lahirnya Pancasila sebagai titik awal perubahan pada diri kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Selamat Hari Lahir Pancasila Gengs!