MILZERU – menambah daftar panjang selebriti Hollywood yang bersuara soal kematian . Kepergian George menimbulkan berbagai reaksi dari berbagai kalangan masyarakat terkait isu ketidakadilan pada kulit hitam.

Baru-baru ini, banyak dari masyarakat dunia yang turun ke media sosial untuk mengunggah foto hitam sebagai bentuk protes dengan disertai tagar #BlackoutTuesday. Aktris 30 tahun itu pun juga ikut menyuarakannya namun ia malah menimbulkan kontroversi. Seperti apa? Yuk simak artikelnya!

Emma Watson Dikritik

Emma Watson muncul di Instagram dengan mengunggah tiga foto hitam yang masing-masing diberi keterangan Blackout Tuesday. Namun, para penggemar mengatakan bahwa unggahan tersebut hanya untuk merapihkan feed Instagramnya saja dan ia edit untuk sekadar estetika saja. Tak hanya itu, ia juga belum mengomentari dan berbicara sepatah katapun terkait berita kematian George Floyd.

Cara Emma Watson menyebut dirinya sebagai seorang aktivis dan tidak mengatakan apa-apa selain tiga kotak kosong di Instagram memberitahu kita bahwa kamu hanyalah seorang feminis kulit putih,” tulis seorang pengguna dilansir IntipSeleb dari Page Six pada 3 Juni 2020.

Tak hanya itu saja, kontroversi lain yaitu dia juga sempat mengunggah foto dengan latar belakang putih sebanyak tiga buah beberapa hari yang lalu. Para penggemar juga dapat melihat bahwa di unggahan foto hitam Emma, dia masih memunculkan garis tepi yang berwarna putih sehingga semakin membuat para penggemar marah. 

Emma Watson memiliki 57,1 juta pengikut di Instagram. Postingan pertamanya tentang Black Lives Matter yang memiliki lebih dari 1 juta suka. Harusnya dia berbagi tautan untuk tanda tangan petisi atau sumbangan,” ujar pengguna Instagram.

Emma Watson tidak mengatakan apapun sepanjang minggu dan kemudian memposting gambar kosong hitam di Instagram. Itu tidak membantu apapun. Malah menambah feminisme kulit putih,” tanggapan yang lain.

Baca Juga: 

Tanggapan Emma Watson

Mendengar banyaknya kritikan, aktris Harry Potter itu langsung mengklarifikasi unggahannya. Dia mengirimkan unggahan dukungan dengan mengatakan bahwa dia berdiri bersama orang-orang yang protes. Diketahui bahwa Emma adalah salah satu selebriti yang sangat vokal terhadap hak asasi manusia dan ia memiliki sejarah panjang untuk bersuara khususnya di bidang feminisme.

Aku berdiri bersamamu. Ada begitu banyak rasisme baik di masa lalu dan sekarang yang tidak diakui atau diperhitungkan. Supremasi kulit putih adalah salah satu sistem hierarki dan dominasi, eksploitasi dan penindasan, yang dijahit erat ke masyarakat. Sebagai orang kulit putih, saya mendapat manfaat dari ini. Aku melihat amarah, kesedihan dan rasa sakitmu. Aku tidak tahu seperti apa rasanya ini bagi kalian, tetapi itu tidak berarti bahwa aku tidak prihatin,” kata Emma.

Ucapan tersebut juga didukung oleh penggemarnya yang lain dan berterima kasih dengan apa yang Emma lakukan. Pasalnya, wanita kelahiran Paris ini telah banyak bersuara untuk menegakkan keadilan pada orang kulit hitam.

Bayangkan! Emma Watson adalah seorang feminis kulit putih. Emma telah mengangkat suara-suara hitam selama bertahun-tahun ketika itu bukan tren. Kalian semua adalah sampah dan aku tidak di sini untuk menyeret sekutu #blackoutuesday #BlackLivesMatter,” kata penggemar Emma Watson.

 

source article: intipseleb.com