MILZERU – Sony mengkonfirmasi akan menyelenggarakan event tanggal 11 Juni 2020 untuk memperkenalkan konsol terbaru Playstation 5 atau PS 5. Sebelumnya peluncuran ini dilakukan 3 Juni tetapi ditunda.

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Sony di situs resmi Playstation. Bagi gamers di Indonesia bisa menyaksikan peluncuran online ini pada 12 Juni 2020 pukul 03.00 WIB.

"Bergabung dengan kami pada 11 Juni pukul 1 PM (PDT) untuk menyaksikan masa depan gaming," tulis Sony.

Sejauh ini Sony hanya baru membuka spesifikasi dan logo PS 5. Arsitek PS 5 Mark Cerny mengatakan PS 5 akan memakai penyimpanan SSD dan prosesor AMD termutakhir.

Konsol terbaru milik Sony ini juga akan hadir dengan prosesor AMD Zen 2 (octa-core) berkecepatan 3,5 GHz beserta prosesor grafis berbasis RDNA 2 milik AMD. PS5 juga akan dibekali dengan RAM 16 GB.

Lebih lanjut, Mark menerangkan, pada HDD, perangkat akan membutuhkan waktu baca selama 2 hingga 50 milidetik untuk memuat data sebesar 50-100 MB. Sementara penggunaan SSD dinilai lebih efisien karena memiliki performa 10 kali lebih cepat dibanding HDD. Bahkan untuk membaca sebuah game, hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja.

"PS5 akan datang dengan secara ekslusif dengan 865 GB SSD," jelas Mark. "[PS5] perjalanan ke game akan menjadi sangat cepat. Seperti efek fade-in, fade-out."

Selain itu, PS5 tidak akan terbatas pada SSD itu saja. Ini juga akan memiliki dukungan untuk hard drive USB yang apat digunakan untuk fitur backward compatibility di mana pengguna bisa memainkan game PlayStation 4 melalui HDD.

Mark juga mengungkap bahwa konsol ini telah mampu mendukung gambar baik pada resolusi 4K maupun 8K. Konsol ini juga akan bisa membaca game dari piringan Ultra High Definition (UHD) Blue-Ray.

Detail tambahnya, PS5 juga akan mengusung fitur Ray Tracing berkualitas tinggi dan audio yang dinamakan Tempest 3D Audio Tech yang mampu mengeluarkan suara game secara 3D dan menyeluruh disetiap ruangan.

Sony juga tidak mengungkap harga PS 5. Namun rumor yang dikutip Techradar menyebut harga PS 5 mencapai US$499 atau setara Rp 7 juta (asumsi Rp 14.000/US$) ketika diluncurkan di Amerika Utara.