MILZERU – Layanan streaming video on demand Netflix sedang mempromosikan koleksi film-film ‘ Black Lives Matter’ kepada pelanggan mereka di Amerika Serikat. Netflix menampilkan sebanyak 45 judul tentang ketidakadilan rasial dan pengalaman orang kulit hitam.  Hal ini di lakukan sebagai bentuk protes atas kematian yang menimpa George Floyd di Minnesota AS.

George Floyd meninggal dunia beberapa waktu lalu setelah petugas Kepolisian Minneapolis Derek Chauvin terlihat dalam sebuah video berlutut di leher Floyd saat melakukan penangkapan. Kini Chauvin didakwa dengan pembunuhan tingkat tiga atas tindakannya.Kematian Floyd tersebut telah memicu protes di seluruh Amerika Serikat atas kebrutalan polisi yang kerap mentargetkan Afro-Amerika dengan alasan stereotype kriminal

Koleksi film, acara tv, dan film dokumenter koleksi ‘ Black Lives Matter’ seperti  ‘Da 5 Bloods’ karya Spike Lee dirilis Jumat, 12 juni, ‘13th’ dan ‘When They See Us’ karya Ava DuVernay, ‘Mudbound’, ‘Orange Is The New Black’, ‘Dear White People’, dan pemenang film terbaik Oscar ‘Moonlight’ karya Barry Jenkins.

Netlix mulai menampilka layar pop-up yang menampilkan koleksi ‘ Black Lives Matter’ pada hari Rbu (10/6). Layanan streaming ini menambahkan koleksi ke notifikasi pengguna.

‘’Ketika kami mengatakan ‘Black Lives Matter’ kami juga mengatakan ‘storrytelling dari orang berkulit hitam juga penting. ‘ kata netflix dalam seuah cuitannya.

‘’Dengan pemahaman bahwa komitmen kami benar, peruahan sistemik akan memakan waktu dan akan kami mulai dengan menyoroti narasi yang kuat dan komppleks tentang pengalaman orang kulit hitam melalui film. Ujar Netflix

Koleksi ‘Black Lives Matter’ ini dapat di akses melalui menu utama Netflix, dengan mencari ‘ Black Lives Matter’, mauun secara daring melalui tautan netfllix.com/blacklvesmatter.

Meskipun menu pop up ini hnya muncul di Amerika Serikat tetaapi seluruh koleksi film nya bisa di nikmati di seluruh dunia.

Daftar baru diisi dengan koleksi Netflix lainnya yang bertema di beberapa subjek, termasuk ‘Black Behind the Camera’, ‘Black Comedy Icons’, ‘Black Music Legends’ dan ‘Black & Queer’.

Pada dua minggu lalu, Netflix berada di antara perusahaan media dan hiburan pertama yang mengumumkan dukungan gerakan kepada ‘Black Lives Matter’ setelah kepolisian Minneapolis membunuh warga berkulit hitam George Floyd dan melanccrkan protes naasionaal untuk kesetaraan dan reformasi peradilan  pidana.

Tidak hanya Netflix saja, namun platfrm streaming Amazon Prime pun juga ikut bergabung dengan Netflix untuk mendukung Black Lives Matter.