MILZERU – Tahukah kamu, tubuh manusia butuh aktivitas fisik agar berfungsi normal dan mencapai kesehatan jangka panjang yang baik. Salah satu kegiatan olah fisik paling mudah adalah bersepeda.

Bersepeda bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit serius seperti obesitas, penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga penyakit jiwa. Bersepeda adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan menaiki sepeda. Kegiatan ini sangat digemari di negara barat.

Hal itu disebabkan budaya masyarakat yang memilih bersepeda saat berangkat kerja. Bahkan secara statistik menunjukkan turunnya masa lemak saat bersepeda nyaris sama dengan berolahraga di gym dengan intensitas tinggi.

Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh Kita, Simak Yuk :

Manfaat Bersepeda Untuk Kesehatan Di Masa Pandemi_1

1. Menstabilkan Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tak hanya orang yang sudah sangat dewasa yang berisiko menderita diabetes, anak muda zaman sekarang juga sangat mungkin terserang risiko diabetes.

Apalagi, jika mereka tidak memiliki pola hidup yang sehat. Nah, manfaat bersepeda ternyata bisa menstabilkan diabetes. Cobalah untuk bersepeda sedikitnya selama 30 menit setiap harinya.

2. Mencegah Risiko Darah Tinggi

Bersepeda adalah aktivitas sehat yang sangat baik dalam mencegah risiko darah tinggi. Manfaat bersepeda juga bisa mengontrol detak jantung, melunturkan lemak dalam tubuh dan memperkuat otot tubuh terutama kaki.

3. Mencegah Risiko Jantung

Selain sangat baik untuk mencegah risiko tekanan darah tinggi, manfaat bersepeda juga untuk bantu mencegah risiko jantung. Bersepeda sedikitnya selama 20 menit setiap harinya akan bantu mengontrol detak jantung, mencegah risiko mudah lelah, dan mencegah obesitas.

4. Menurunkan Risiko Depresi

Bersepeda saat pagi atau sore hari bisa bantu mengurangi stres, depresi serta kecemasan. Manfaat bersepeda ini juga akan meningkatkan kualitas kebahagiaan dan kenyamanan hati

5. Meningkatkan kekuatan otak

Olahraga telah berulang kali dikaitkan dapat menyehatkan otak dan pengurangan perubahan kognitif yang dapat membuat kita rentan terhadap demensia di kemudian hari. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa selama latihan, aliran darah pengendara sepeda di otak meningkat 28 persen, dan hingga 70 persen di area tertentu.

Tidak hanya itu, manfaat bersepeda membuat di beberapa area aliran darah tetap naik hingga 40 persen bahkan setelah olahraga. Penelitian menyimpulkan bahwa kita harus bersepeda selama 45-60 menit, empat kali seminggu.

6. Mengatasi insomnia

Bagi kamu yang mengalami insomnia, manfaat olahraga sepeda dipercaya mengatasi gangguan yang kamu alami. Cobalah bersepeda selama 20-30 menit setiap 2 hari sekali. Dengan begitu waktu tidur kamu akan datang lebih cepat.

Sedangkan, manfaat sepeda di pagi hari ketika matahari yang belum terlalu terik dapat membantu jam biologis kembali normal, serta menyingkirkan hormon kortisol yang dapat menyebabkan insomnia.

7. Menurunkan risiko kanker

Sebuah studi mengungkapkan, bahwa manfaat olahraga sepeda yang bisa didapatkan adalah mengurangi risiko kanker. Studi itu menujukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

Nah, kalau warga perhatiin akhir-akhir ini banyak banget orang bersepeda, untuk pergi ke Kantor, Berolahraga sore, atau berkumpul dengan teman-teman tongkrongan nih. Yuk, kita lestarikan budaya bersepeda!