MILZERU – Perusahaan distribusi film ternama dunia yang berdiri sejak 1984, Criterion Collection, mengumumkan bahwa film klasik karya sineas Umar Ismail, Lewat Djam Malam akan masuk ke dalam Criterion Collection 2020.

Lewat Djam Malam sendiri berkisah mengenai Indonesia yang baru memproklamasikan kemerdekaannya, sekelompok pejuang di Bandung harus terlibat dalam konflik korupsi dalam tubuh angkatan, serta pertentangan moral yang harus dihadapi dengan mengetahui bobroknya moral bahkan sejak Indonesia telah meraih kemerdekaannya dengan susah payah.

Criterion Colletion lewat akun Twitternya, mengumumkan Lewat Djam Malam akan diluncurkan pada September 2020.

"Tenggelam dalam suasan murung dengan ketegangan psikologis yang kuat dari film noir tentang tragedi pascakolonial After The Curfew/ Lewat Djam Malam (1954) dari Usmar Ismail melukis potret gelap sebuah negara yang tak lagi berperang tapi masih berjuang untuk jiwanya," cuitnya.

Diketahui, Criterion Colletion adalah perusahaan pengedar film ternama di dunia yang berdiri sejak 1984. Selama lebih dari tiga dekade perjalannya, perusahaan ini telah menerbitkan dan mengumpulkan berbagai film internasional berkualitas serta yang tidak dirilis ke publik luas.

Unggahan tersebut langsung dibanjiri berbagai reaksi warganet Indonesia yang sangat bangga dengan hadirnya karya sineas terbaik Indonesia di dalam Criterion Collection 2020.

 Film Lawas Indonesia masuk ke dalam Criterion Collection 2020_1

Foto Google

Dikabarkan selain Lewat Djam Malam, film garapan Bong Joo Ho "Parasite" dikabarkan juga akan masuk dalam jajaran criterion collection yang diluncurkan pada akhir tahun 2020. Kemenangan Parasite di Oscar kemarin memang menjadi sorotan dunia.